Tuesday, April 15, 2014

Tutorial Animasi Flash : Vectorian Giotto bagian 3


Pada bagian ini, kita pelajari membuat animasi sederhana, yang merupakan gabungan penggunaan beberapa tools yang disediakan oleh vectorian giotto, yaitu :
- import gambar/image
- membuat layer baru
- membuat gambar
- memodifikasi warna dan bentuk gambar


Import gambar

Untuk mengimport gambar, digunakan menu insert-bitmap. Kita dapat mengambi gambar dengan berbagai extention, misal : bmp, jpg, png.

Pada contoh ini,  kita insertkan gambar kepala kartun tanpa mulut dan bola mata, karena untuk bola mata dan mulut akan kita buat gambar. Kemudian kita ganti nama layer dengan muka.

Membuat layer baru

Kita buat dua layer baru, yang satu diberi nama mata untuk menggambar bola mata dan layer lainnya diberi nama mulut untuk menggambar mulut. (cara menambah layer dan mengganti nama layer, ada di tutorial 2).

Membuat gambar

Untuk menggambar bola mata, kita pilih layer mata, kemudian uban warna pen dan brush menjadi hitam.

Kita gunakan tools oval. Klik pada oval tools kemudian letakkan bola mata pada posisi yang tepat. Untuk menggambar bola mata yang lain, kita cukup meng-copy dari yang ada agar besarnya sama. 
Untuk membuat gambar mulut, kita bisa menggunakan brush atau oval tool. Jangan lupa pilih layer mulut agar kita medah untuk mengeditnya.

Mengganti warna 

Pilih colors-pen untuk mengganti warna garis pinggir dan pilih colors-brush untuk mengganti warna isnya.

Mengubah ukuran gambar

Untuk mengubak bentuk dan ukuran gambar, pilih free transform tools dari tools pallete kemudian klik pada gambar yang akan diedit. Sub-selection tools dapat digunakan jika ingin mengubah bentuk gambar.

Berikut adalah demo pada tutorial ini :

 

tutorial 2                                                                                                                          lanjut





















No comments:

Post a Comment