Friday, September 4, 2015

Konfigurasi 'Bridge' pada ONT Huawei HG8245 untuk Internet IndiHome (Speedy)

Di beberapa lokasi, konfigurasi ONT IndiHome produk dari PT Telkom, dikonfigurasi 'otomatis' oleh pihak Telkom, dan ada yang dikonfigurasi langsung melalui menu ONT.
Jika ONT kita dikonfigurasi manual , untuk layanan Internet, kita bisa atur mode Router atau Bridge.

Cara konfigurasi Bridge sebagai berikut [konfigurasi Router, klik disini]:

Pertama : Pilih port LAN



Sebelum mengkonfigurasi WAN, terlebih dahulu pilih port LAN (ethernet port), yang akan digunakan. Contoh disini menggunakan LAN3. Pada menu LAN - LAN Work Mode, kita berikan tanda centang ( √ ).


Kedua : Buat Konfigurasi WAN

Dari menu : WAN - WAN Configuration Pilih 'New' atau jika sudah ada konfigurasi mode router, delete terlebih dahulu konfigurasi yang ada dan buat konfigurasi baru.


Kemudian :
:
  • pilih enable WAN (√ )
  • Pilih : IPoE
  • WAN Mode : pilih Bridge
  • Enable VLAN ()
  • VLAN ID : Sesuaikan dengan VLAN OLT untuk layanan terkait (contoh : 200)
  • Binding Option : berikan tanda centang (√ ) pada LAN3
  • Klik apply
Koneksikan Kabel UTP di LAN3 menuju ke laptop atau perangkat lain yang digunakan untuk dial PPPoE.


Status Koneksi di ONT

Jika Konfigurasi pada ONT benar, kita bisa melihat status koneksi di : Status - WAN Information


Status Koneksi di Laptop

Tampilan, dial dari windows XP


Artikel terkait :

150 comments:

  1. apakah set ONT Huawei HG8245 ke bridge, kita juga harus telp ke telkom untuk merubah sistem di telkomnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya tidak perlu, kecuali ada aturan lain... sebagai contoh : ONT Huawei yang dicatu dari OLT ZTE. atau ada patching firmware.

      Delete
  2. apa admin pernah coba setting ke mode Bridge? karena ngak bisa menemukan tutornya nih, selain itu kebanyakan referensi bilang tidak bisa atau gagal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saya pernah setting bridge mengunakan ONT ZTE F660 dan Huawei HG8245A, yang hasilnya saya capture di blog ini.
      tidak bisa atau gagal ? ... Setting ONT terkait dengan setting OLT, kemungkinan gagalnya setting bridge di ONT, karena settingan di OLT hanya dibuat sebagai router saja / bukan bridge untuk layanan internetnya.
      Jika memang membutuhkan setting bridge, bisa menghubungi telkom.

      Delete
  3. Di beberapa lokasi, konfigurasi ONT IndiHome produk dari PT Telkom, dikonfigurasi 'otomatis' oleh pihak Telkom, dan ada yang dikonfigurasi langsung melalui menu ONT.
    Jika ONT kita dikonfigurasi manual , untuk layanan Internet, kita bisa atur mode Router atau Bridge.

    saya mau tanya bagaimana kita bisa tau, apa kita manual atau auto mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk setting manual (dari ONT), jika settingan dihapus/terhapus,.... hilang dan perlu input lagi.
      Untuk setting otomatis, karena data setting tersimpan di 'sistem' , jika setting dihapus/terhapus. Cukup re-start ONT, dan konfigurasi akan terkirim ke ONT.

      Delete
  4. Buat yang awam seperti saya, mungkin perlu di bahas...bridge itu apa dan digunakan untuk apa..terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih sarannya, insyaallah dilain kesempatan, saya bahas

      Delete
  5. Halo Ibu Erna, mau tanya apakah setting bridge ini maksudnya menjadikan router bersangkutan menjadi repeater? Kalau bukan, bisa tolong share caranya agar router Huawei HG8245 dijadikan repeater/extender sinyal? Atau jika ada artikel terkait pun tidak apa2. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada perbedaan antara bridge dan repeater. HG8245 yang digunakan untuk IndiHome merupakan device ONT/ONU ( http://ambarerna.blogspot.co.id/2015/09/functional-block-dalam-arsitektur.html). Digunakan sebagai terminasi optik dirumah pelanggan, salah satu fungsinya men-translasi format optocal GPON menjadi Ethernet atau yang lain (telepon). Menurut saya, ONT jika hanya difungsikan sebagai repeater, terlalu mahal jika dibanding dengan extender / repeater.
      Untuk Internet IndiHome, jika ONT difungsikan sebagai bridge, dibutuhkan device yang support PPPoE . (bisa PC, AP atau yang lain).

      Delete
  6. Halo Ibu Erna, Dirumah saya pakai IndiHome router Huawei HG8245 (192.168.100.1), dan saya punya Wifi Router tp-link TL-MR3420 (192.168.100.2). niatnya saya mau merubah Wifi Router tp-link TL-MR3420 menjadi repeater.

    Saya sudah setting bridge di TL-MR3420 dan sudah connect, tapi dari TL-MR3420 tidak bisa ping ke Huawei HG8245 (192.168.100.1)
    Sedangkan jika saya connect ke Huawei HG8245 (192.168.100.1) bisa ping ke TL-MR3420 (192.168.100.2)

    Pertanyaan saya apa ada settingan yang harus dirubah di Huawei HG8245 (192.168.100.1)?
    jika ada mohon pencerahannya...

    Berikut settingan DHCP di TL-MR3420
    DHCP Server : disable
    Start IP Address : 192.168.1.100
    End IP Address : 192.168.1.199
    Default Gateway : 192.168.100.1

    untuk settingan Huawei HG8245 saya belum merubah sejak pertamakali instalasi

    Sebelumnya Terima Kasih

    ReplyDelete
  7. halo gan, bagaimana konfigurasi router huawei ini disambungkan ke ASUS RTN66u, tetapi pada settingan RTN66U bukan sebagai AP / Repeater... sehinggan guaweii sebagai modem makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huawei sebagai bridge, dan setting PPPoE dari RTN66U

      Delete
  8. Assalamu'alaikum Wr.Wb
    saya minggu minggu ini memasang indihome di 3 nomor berbeda, dengan paket 10 mbps masing masing, ont yg dipakai Huawei HG8245, apakah 3 paket internet yg masing masing 10 mbps tsb bisa digabung sehingga menjadi 30 mbps?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alokasi bandwidth dilakukan dari OLT (perangkat yang di Telkom), sehingga tidak bisa digabung karena disetting untuk masing-masing virtual port, apalagi berbeda ONT.

      Delete
  9. * ZENZENTOP * Saya baru memasang indihome paket 10Mpbs, modem jenis Alcatel Lucent dan saya pemain game online Point Blank,saat ini ketuika saya bermain PB sering frezz di dalam permainan, saya curiga ini berhubungan dengan mode PPPoE pada modem indihome dan mungkin seeharusnya pindah ke Mode Bridge, bagaimana cara seting manual ke mode bridge modem alcatel lucent ini, karena teknisi telkom didaerah kami juga mengatakan ( "saya juga belum pernah kalau untuk indihome mas " )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa terjadi freeze, bisa lihat di artikel : http://ambarerna.blogspot.co.id/2014/12/faktor-yang-mempengaruhi-kualitas-video_31.html#loss.

      Delete
    2. Konfigurasi ONT untuk Internet, secara default dibuat mode router. Untuk mengubahnya, ada konfigurasi yang harus dilakukan teknisi (backroom) yang me-maintain OLT (perangkat disisi Telkom). Umumbya teknisi yang datang ke rumah, orang yang berbeda... sebaiknya memang dia bisa bantu untuk menyampaikan ke backroom, namun pelanggan bisa menyampaikan lewat channel, seperti : twitter/telkomcare, facebook/telkomcare, plasa telkom atau 147 untuk kemudian diteruskan ke unit terkait

      Delete
  10. mbak...kenapa di tutor ini mbak mencontohkan LAN3, apa tidak sebaiknya kita mencentang semua LAN yg di HG8245A,sehingga sewaktu di buat bridge..kita bebas mengambil dari port mana saja untuk di hubungkan ke Router..Bias kasih penjelasan?
    satu lagi,sewaktu tekhnisi melakukan instalasi,kenapa LAN4 khusus untuk di sambungkan ke perangkat UseeTV? bisakan kita melihat ini di HG8245A...di menu mana yah yg menjelaskan itu...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. - Iya, itu contoh saja.
      - Secara teknis, untuk useetv tidak harus di LAN4, hanya untuk memudahkan koordinasi, karena petugas 'backroom' dan 'teknisi yang kerumah pelanggan' , orang yang berbeda.
      Konfigurasi (ONT) UseeTV yang dilakukan lewat OLT atau NMS OLT, tidak terlihat di ONT.

      Delete
    2. jadi bagaimana kita bias tau kalo LAN # itu untuk UseeTV?? bisa di jelaskan mbak..?
      apakah TELKOM "bisa" meremote HG8245A kita (default),dalam artian username/password nya masih default..tanpa sepengetahuan kita...?

      Delete
    3. - Dari konfigurasi di NMS atau OLT.
      - Maksudnya username dan password apa ? Kalo' HG8245A, tidak tahu jika sudah diganti.
      - Dari Teknologi yang digunakan (GPON), ONU/ONT , dalam hal ini HG8245A bisa diremote tanpa melewati user dan password, menggunakan OMCI. Namun tidak semua menu yang ada di ONT bisa diremote.

      Delete
    4. saya ingin mengakses HG8245A saya dari jarak jauh (remote),bias tolong di jelaskan mbak?

      Delete
    5. Bisa diaktifkan remote http, dan menggunakan IP Public Internet, coba lihat di http://ambarerna.blogspot.co.id/2015/07/hg-8245a-akses-dari-wan.html

      Delete
    6. ok..satu lagi mbak....kenapa DDNS saya ga ngupdate sewaktu ONT ip berubah,jadi saya harus sincronize manual lewat website ddns nya.....tolong tutornya...kalo bias

      Delete
    7. Bisa lihat di : http://ambarerna.blogspot.co.id/2015/07/konfigurasi-ddns-pada-ont-zte-f660.html

      Delete
  11. Pengen belajar ada tmpat kursus nya ga mbak ambar

    ReplyDelete
  12. assalamualaikum.wr.wb mbak. saya mau tanya ne mbak. apakah bisa untuk merubah pass supervisor huawei HG8245A speddy (telecomadmin/admintelecom) menjadi pass dengan keinginan kita sendirimbak?.. dikarenakan akses jaringan disalah satu cafe saya selalu aja yg iseng untuk merubah akses login mbak.. saya tidak menggunakan ROuter mikrotik. terimah kasih, wassalam.wr.wb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo password nggak bisa diganti, bisa dengan cara membatasi akses http

      Delete
    2. mohon tutorialnya mbak ... cara mengamankan HG8245A supaya nggak semua yang tahu password login (telecomadmin/admintelecom) bisa masuk ... di menu yang mana ngaturnya.
      terima kasih sebelumnya untuk tutorialnya

      Delete
  13. Mba mohon penjelasan konfigurasi PORT LAN yg bisa di gunakan untuk internet langsung dengan dhcp GPON Huawei HG 8245a ini karena sangat kesulitan sekali jika kita akan meng -interkoneksikan dengan iterface lain, kalo harus mode bridge atau bridge ppoe nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya, Telkom men-standard kan : Konfigurasi PPPoE di HG, dan DHCP pada port LAN1 dan LAN2. Kecuali user/pelanggan menginginkan konfigurasi lain, misalkan bridge.
      Masalahnya, pada HG Huawei ini, ada yang konfigurasi otomatis, ada yang manual oleh setter.
      Dalam hal ini, ada 'setter' yang mensetting lain dan tanpa konfirmasi maupun memberitahu user.

      Delete
  14. Mlm,saya baru saja pasang indihome 20mbps pakai alcatel lucent,bisa bantu tutorial ke mode bridge gak? Dan mau dialup pake rb450g

    ReplyDelete
  15. Mlm,saya baru saja pasang indihome 20mbps pakai alcatel lucent,bisa bantu tutorial ke mode bridge gak? Dan mau dialup pake rb450g,terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika mengubah dari mode router ke bridge, terdapat konfigurasi yang harus dilakukan di OLT, yang mempunyai otoritas teknisi backroom telkom setempat/area tertentu. Jadi perlu menghubungi operator.

      Delete
  16. MOHON BANTUAN MBAK,
    saya mau akses komputer client dr jaringan WAN (koneksi antar kota).
    intinya saya mau akses mysql di toko, dari kantor saya.
    apasaja yang hatus saya setting pertama kali

    ReplyDelete
    Replies
    1. prinsipnya adalah : yang diakses berfungsi sebagai server, mempunyai port number (TCP/UDP) yang tetap. Sedangkan komputer yang mengakses adalah client, port numbernya berubah. Jika Server berada di LAN , kita mengaktifkan fungsi port forwarding atau DMZ yang ada di router.

      Delete
  17. Mau nanya mbak erna...
    Saya baru saja langganan indihome yg 10 mbps..pake huawei hg8245a, utk hotspot lancar. Tapi sewaktu mau koneksikan langsung via lan koq gak bisa ya? Ip sudah saya sesuaikan tetap gak bisa? Tapi kl utk setting roter via lan bisa. Cmn internet via lan aja gak bisa? Mohon bantuannya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Info baru yang saya tahu, port LAN yang disetting untuk internet (default) di LAN 3. Kalo IP Address laptop sudah sesuai, coba dulu apakan ping ke gatewaynya internet bisa reply ?

      Delete
  18. Selamat malam Mbak, saya pasang internet optik pake modem Huawei HG8245H.
    Nah saya ada modem router D-Link DSL-2750E, cara setting nya bisa biar bisa dijadikan bridge gimana ya Mbak? saya udah coba setting tapi tetep ga bisa.. mohon bantuannya Mbak.. Makasi banyak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat pagi kawan.
      D-Link DSL-2750E adalah ADSL Router, berfungsi sebagai router jika salah satu protocolnya adalah ATM over DSL (interface WAN-RJ11), dan protocol satunya lagi adalah ethernet (interface LAN-RJ45).
      Jika ingin memanfaatkan D-Link untuk dikoneksikan dengan HG8245. Biarkan saja HG segabai router dan D-link kita fungsikan sebagai switch atau access point.

      Delete
  19. permisi mbak. mau tanya sy ada gpon HG8245A, nah saya mau colokin modem usb huawei E160G (sudah terisi kartu sim + paketan) mau sy bikin menjadi wifi bs ga ya? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum pernah coba case ini. Namun, yang saya tahu dari logic HG8245A, wifi difungsikan untuk akses internet jika HG diset sebagai router untuk layanan ini.

      Delete
    2. apakah USB terdeteksi ? Biasanya, USB pada perangkat HG digunakan untuk backup konfigurasi

      Delete
  20. permisi mbak gan mau tanya sy ada gpon HG8245A nah itu ada colokan usb nya kan, mau saya colokin modem huawei E160G (sudah isi kartu sim + paketan) trs biar jadi sinyal wifi bisa tidak?

    ReplyDelete
  21. Mohon pencerahannya bu untuk setting ddns di gpon HG8245A....

    ReplyDelete
  22. mba mau tanya dong, misalkan sudah di aktifkan kan mode bridgenya, terus saya dial lewat router TP Link kenapa selalu connecting ga dapet IP WAN? Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  23. mba mau tanya dong, misalkan sudah di aktifkan kan mode bridgenya, terus saya dial lewat router TP Link kenapa selalu connecting ga dapet IP WAN? Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek username dan password. Untuk meyakinkan bahwa user dan password, catat di nodepad atau editor yang lain dan coba dial menggunakan laptop.

      Delete
  24. Mba mau tanya dong, kalo misalkan sudah aktif mode bridge nya terus saya dial ke router TP LINK, status selalu conecting tidak mendapatkan IP WAN. kenapa ya? mohon pencerahannya. Thanks :)

    ReplyDelete
  25. Mbk mau tanya ni. Saya baru reset router HG8245 gara2 lupa passwordnya. Terus saya udh seting password sekarang malah enggak bisa connect ke internet. Itu bagaimana cara agar bisa connect ke internet mbk? Mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah voice dan useetv nya juga mati ? bisa dicek di Status - WAN Information.
      Jika tidak ada konfigurasi, berarti ONT dikonfidurasi secara manual, maka setelah direset, semua konfigurasi hilang dan harus diinput ulang.
      - Jika tidak punya data username dan password dan lain lain (tidak semua teknisi menginformasikan ke pelanggan) , bisa menghubungi telkom.
      - Atau minta untuk dikonfigurasikan

      Delete
  26. Selamat siang mba, mohon bantuannya kalo untuk blokir website di modem hg8245a ini gimana caranya ya pak ?
    Terimakasih atas bantuannya

    ReplyDelete
  27. selamat sore bu erna,
    mau tanya untuk seri ont HG8245H, saya kesulitan ga bisa remote ont tersebut, ga nemu menu "ONT Access control configuration" di menu security nya.. itu gimana ya bu cara nya agar bisa di remote untuk ont seri HG8245H?

    terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang menunya berbeda, bisa lihat di http://ambarerna.blogspot.co.id/2015/07/hg-8245a-akses-dari-wan.html

      Delete
    2. Terimakasih atas informasinya ibu, maaf bu sebelumnya, yg saya tanyakan gimana ya bu cara nya agar bisa di remote untuk ont seri HG8245H, bukan yang seri A bu. hehehehhek

      terimakasih sebelumnya ya ibu :)

      Delete
    3. ya, maaf kurang teliti membacanya...
      barangkali menunya mirip ...

      Delete
  28. Malam Bu Erna..
    Saya langganan indihome fiber 20MBps (Telepon, UseeTV, Internet) ONT HG8245A.
    Ada beberapa pertanyaan terkait ONT dan layanannya, mohon dibantu:
    1. Paket Indihome saya termasuk telepon, UseeTV, dan Internet. Apakah paket telepon dan UseeTV berpengaruh ke kualitas koneksi internet? Soalnya saya dengar dari teknisinya, dari bandwidth 20Mbps itu, 5Mbps dialokasikan khusus untuk UseeTV, lalu bagaimana kalau STB UseeTV nya sedang dimatikan, apakah alokasi internet jadi full 20Mbps?

    2. Pada setting WAN secara default ada 2 connection:
    - 1_VOIP_INTERNET_R_VID_100
    - 2_INTERNET_R_VID_200
    Setelah saya baca2 blog ibu dan komen2nya, belakangan saya pelajari koneksi internet dari WIFI/LAN diarahkan ke koneksi WAN "2_INTERNET_R_VID_200". Binding optionnya juga ke LAN3 (sempat dijelaskan teknisi, hanya port ini yang bisa digunakan untuk kabel LAN), dan SSID1.
    Lalu Connection "1_VOIP_INTERNET_R_VID_100" ini untuk apa, bu? Binding Option nya ke LAN 2 (port tidak terpakai), lalu settingnya juga IPoE tanpa ada username/password indihome, tapi mendapatkan IP.

    3. Saya coba setup switch karena wifinya sudah crowded, dan kebetulan ada beberapa PC yang tidak punya WIFI interface. Jadi dari LAN3 saya sambungkan menggunakan UTP CAT5e Ke Switch 8 Port D Link DES-108. Awalnya tidak ada masalah sama sekali. Namun jalan 2-3 bulan, PC2 yang terhubung dari switch tidak dapat IP dan sering tidak dapat koneksi internet. Saya cek apakah switchnya yang bermasalah dengan menghubungkan PC to PC. Ternyata switchnya tidak bermasalah. Mohon dibantu, apakah harus ada settingan di ONT nya untuk menerapkan switch ini?

    4. Saya juga menggunakan Wifi Range Extender (TL-WA860RE). Awalnya hanya ada 1 SSID yang saya setup di ONT, kemudian TL-WA860RE ini meng-extend SSID-1 tersebut. Setelah saya pelajari di blog ini juga, ternyata ONT huawei ini bisa setting multiple SSID. Lalu saya buat satu SSID lagi. Broadcast disable, dan saya setting supaya hanya 1 device yang bisa terhubung ke SSID-2 ini. Yang mau saya tanyakan, apakah setup yang terakhir ini tidak disarankan? Apakah kelemahannya jika satu ONT punya 2 SSID yang mengarah ke satu VLAN yang sama?

    5. Yang terakhir, untuk alokasi IP, mana yang lebih baik, bu.. DHCP address atau static address? Soalnya saya sempat baca di blog ibu juga, ada ONT yang DHCP clientnya terbatas sampai 20(?) client saja..

    Terima kasih banyak, bu.. mohon maaf pertanyaannya panjang...
    Saya ndak tau lagi mau nanya kemana, terima kasih banyak sudah menyediakan blog ini, bu..
    Salam.

    ReplyDelete
  29. 1. 20 Mbps hanya untuk internet. JIka ditambah useetv 5 Mbps dan voice 1 Mbpa... totalnya 26 Mbps.
    2. Voip VID 100 untuk voice/telepon
    3. Coba cek, apakakah alokasi IP DHCP masih cukup atau dicoba menggunakan input IP Address manual.
    4. Karena 1 SSID dibatasi maksimum client, jika dibutuhkan lebih, bisa diaktifkan SSID yang lain. Tetapi jika client sedikit, lebih baik satu SSID, salah satu alasannya adalah cara kerja wifi, setiap 100 ms (default) mengirim paket beacon. Range extender diperlukan jika ingin memperluas jangkauan sinyal wifi.
    5. Tergantung kebutuhan. Jumlah DHCP Client bisa dibatasi tergantung pada ... berapa banyak jumlah IP address dalam sebuah network... jadi 20 client merupakan salah satu contoh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih penjelasannya, bu.
      Kami coba pendekatan IP Address Manual..

      Delete
  30. Siang Mba, Aku mau tanya nih mba
    Jadi dikantorku pasang indihome yg 10Mbps, pasangnya dilantai 2.
    Nah yg dilantai 1 dapet sinyalnya lemah, kira2 solusinya gmn y mba? apa ditarik kabel trus dibawah dipakaikan router wifi? kantorku itu ruko gt mba.
    mohon solusinya mba, Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk memperluas cakupan LAN, bisa pake switch, Access Point atau repeater. Menggunakan repeater wireless, cara paling sederhana untuk memperkuat sinyal karena tidak perlu memasang kabel.
      Untuk kualitas yang lebih bagus, dipasang kabel UTP, dari ONT ke switch (kalo pake PC, lebih stabil pake UTP ke PC) atau menggunakan access point untuk wifi. Atau bisa juga keduanya.

      Delete
  31. Mba. Aku kan gs sengaja reset default modem. Nah pas mau setting WAN itu kosong dan ga ada tombol new/download. Itu gimana ya cara setting WAN nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indihome nya sudah lama ya ? Sebagian ont huawei, setting wan di ont. menunya di wan. Untuk meninput settingan, kita harus tahu data : vlan, user dan password untuk internet... untuk telepon, banyak lagi.
      Kalo' nggak punya data nya, lebih baik lapor ke telkom saja...
      semoga cepat diselesaikan

      Delete
  32. Terima kasih ya bu.. Berkat panduan ibu.. saya akhirnya bisa mengkoneksikan modem ONT Huawei dengan Mikrotik Hap Series. salam sukses

    ReplyDelete
  33. Sore mbak, Mohon bantuannya bagaimana cara setting DHCP Ke IP Static pada modem HG8245A.Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya, mau setting ip statik di laptop yang terhubung ke HG ? ... Login ke HG , dan disable DHCP.

      Delete
  34. Bu saya mau tanya apakah modem ini bisa untuk acces poin??

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya HG8245A ? iya, dia punya fungsi access point

      Delete
    2. Pertanyaan yang sama mbak, saya kebetulan punya HG8245A nganggur yang ingin saya jadikan access point di lantai atas dengan menghubungkannya melalui kabel LAN ke modem utama di lantai bawah. Internet yang digunakan Indihome juga tapi masih ADSL karena jaringannya masih DSLAM dan belum optik. Terima kasih sebelumnya.

      Delete
    3. Saya belum pernah coba. Tapi logikanya bisa, karena HG8245A berfungsi sebagai switch dan AP.

      Delete
    4. Saya sudah coba dengan cara yang umum dilakukan yaitu dengan merubah IP address HG menjadi satu segmen dengan IP modem dan mendisable dhcp server. Anehnya hanya 1 device yang bisa connect ke wifi dan dapet internet. Lainnya bisa connect ke wifi HG tapi no internet. Btw terima kasih udah ngerespon pertanyaan saya sebelumnya

      Delete
  35. Selamat Pagi Mbak....beberapa hari yg lalu sy minta 147 untuk merubah setting ZTE F660 ku ke Bridge, kemudian ada sms bahwa internet/permintaan sdh dibaiki. sy coba dial dari mikrotik tp masih belum bisa. di menu F660 jg kayanya tidak ada setting bridge. Bagaimana saya mengetahui modem indihome sudah bridge ato belum...trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, di menu F660 , kita nggak bisa lihat setting bridge.
      Harus dari help desk nya telkom.

      Delete
    2. o iya ... apa sudah dicoba dial pake laptop ?

      Delete
    3. sudah mbak...dial pake PC bisa aja...
      tapi pas dial di mikrotik masih belum bisa

      Delete
    4. maaf, terlewat ...
      kemungkinannya, ada cli yang terlewat di konfigurasi olt (perangkat disisi telkom).
      Coba lihat di artikel berikut, jika masalahnya sejenis, bisa kita solusikan sendiri ...
      http://ambarerna.blogspot.co.id/2016/03/dial-pppoe-mikrotik-untuk-indihome.html

      Delete
  36. kalo usee tv nya bisa aktif lagi nih bang,,,soal nya pas saya cek di binding options,lan yg di ceklis ada 2 LAN 2 sama LAN 3,,,dulu pas pasang,,di seting ama orang indihome nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai.... ngomong ngomong... ini mo nyambung kemana ya ?

      Delete
  37. Sore, mau nanya saya pelanggan telpon rumah tidak langganan indihome, tapi ada upgrade dari kabel ke optik jadi ada tambahan peralatan modem Huawei HG8245A untuk voice telepon rumah, modem memancarkan wifi yg tidak bisa koneksi internet..
    pertanyaannya: Bisakah saya memanfaatkan modem tersebut menjadi sinyal @wifi.id agar bisa konek internet melalui vocher wifi.id dari rumah, tidak perlu lagi ke wifi corner...??? bagaimana caranya/settingnya...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. @wifi.id mempunyai jalur logic khusus, walaupun secara fisik : jaringan akses, ont/modem adsl menjadi satu dengan layanan indihome.
      Jadi, jika tidak terdaftar sebagai Access Point untuk @wifi.id maka tidak bisa.

      Delete
  38. Misi mba apabila menerapkan mode bridge ketika menghapus configurasi wan yg sudah ada apakah akan berpengaruh terhadap useetv dan voice?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak. asalkan yang dihapus konfigurasi wan untuk internet

      Delete
  39. Kaa mau nanya, mau bikin jaringan WAN ngga ada "new" itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk login, apakah dah peke username : telecomadmin, password : admintelecom ?

      Delete
    2. Kasusnya sama. Kalau masih username: Admin pass: admin gmn ya mba

      Delete
    3. ONT Huawei, pake username : telecomadmin, password : admintelecom

      Delete
    4. tidak bisa masuk menggunakan telecomadmin tulisan seperti ini
      " Incorrect account/password combination. Please try again."
      kalo make Admin admin bisa masuk tapi tidak ada new di wan

      Delete
    5. sama nih saya juga kasus nya sama. kalo pake telecomadmin dan admintelecom gak bisa kalo Admin admin bisa tapi gaada new di wan nya. mungkin bisa bantu solusi mba ambar

      Delete
  40. misi juga :) saya baru mau set ONT huaweinya menjadi bridge saja dan menggunakan RT-N66U sebagai PPPOE dialer, yang jadi pemikiran saya, bagaimana untuk settingan telepon dan Useetvnya ya? mungkin bisa memberikan sedikit pencerahan? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Cek apakah setting awal Internet pada ONT (Huawei ?) dilakukan oleh teknisi di ONT atau melalui OLT ?
      2. Jika setting dial pppoe melalui ONT, kita bisa mengubah sendiri menjadi bridge (catat vlan, user, password).
      3. Jika setting dial pppoe dilakukan melalui OLT, yang mempunyai wewenang untuk mengubah adalah 'backroom telkom'.
      4. Setting telepon dan useetv tidak perlu diubah.

      Delete
    2. 1. sepertinya ONT karena saya bisa melihat username password di settingan WAN, dan WAN modenya adalah Route WAn (kalau salah lihatnya dimana mode ONT atau OLT?
      2. betul saya bisa merubahnya jadi Bridge Wan
      3. sepertinya ONT
      4. untuk settingan telepon dan useetv kabelnya dibiarkan dicolok ke Huawei? dan settingannya tidak ada yang dirubah betul?

      terima kasih sebelumnya

      Delete
    3. iya, untuk telepon dan useetv nggak ada perubahan

      Delete
  41. Mbak ambar. Indihome huawae HG8425A, wlan ama lan3 kalau di cek speedtest ok, tapi kalau dari lan3 sy sambung ke AP radio argtek melalui hub tplink kok lambat yaa alias lemot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beberapa kemungkinan
      1. BW dari Hub dan cara kerja hub, membroadcast packet.
      2. Sharing / terhubung ke beberapa PC / gadget
      3. Signal Access Point

      Delete
  42. Halo mba Erna, mohon bantuannya saya sudah melakukan konfigurasi untuk mode bridge tetapi saya ada kendala di mikrotik karena saat dial PPOE pada status tidak connected tetapi "waiting for packet dan pada address list tidak muncul ip publicnya. Mohon pencerahannya.. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Cek dulu konfigurasi bridge ONT, dengan cara dial pppoe lewat PC.
      2. Kalo ini sudah berhasil,cek di mikrotik.
      - cek interface pppoe, apakah pemilihan interfacenya sudah benar.
      - apakah ada alokasi IP address di mirotik pada interface ke WAN ?
      - apakah username dan passwordnya sudah benar ?

      Delete
  43. Dear mba erna.. ternyata password internetnya berbeda dengan password yang saya terima di kertas informasi no speedynya. Terimakasih atas masukannya

    ReplyDelete
  44. Mba erna saya mau nanya, saya ada modem huawei hg8245a yg nganggur. Pingin saya gunakan untuk modem external/ sebagai repeater karena dilantai 2 wifi tidak terjangkau oleh moden utama, nah bisa ngga ya mba erna? Dan saya harus colokin WAN nya di port berapa dan settingnya bagai mana. Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara prinsip, identik dengan postingan disini : http://ambarerna.blogspot.co.id/2016/01/memanfaatkan-home-gateway-speedy-untuk.html

      Delete
  45. Mau tanya : saya sekarang menggunakan modem ZTE F660, apakah bisa saya ganti dengan Modem Huawei HG8245a, kemudian langsung saya setting bridge seperti cara di atas.
    terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pelanggan nggak bisa mengganti sendiri. Berbeda dengan ketika menggunakan ADSL Router/Bridge.
      Salah satu prosedurnya adalah : PON Serial Number di ONT (ZTE F660) harus ter registrasi di OLT (perangkat yang ada disisi telkom).

      Delete
  46. Bagaimana utk setting wan di hg8425a,jika tidak ada tombol new dan delete,jd tdk bisa configure wan nya.

    ReplyDelete
  47. Bagaimana setting wan di hg8245a jika di menu wan tidk ada new atau delete,yg ada cuma voip dan inet itupun tidak bisa di edit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinannya ada beberapa macam.... bisa menghubungi telkomcare, supaya dibantu.

      Delete
  48. Mba Erna, untuk password internet biar bisa dial di mikrotik dengan mode bridge di modem HG8245 itu biasanya berupa angka semua atau ada kombinasi huruf dan angka saja ya? Karena untuk line 10mbs yang baru saya pasang dikasih password internetnya komninasi huruf dan angka, sebelumnya saya pasang 30mbps dikasih passoword internetnya berupa angka semua. Sehingga line yg 10 mbps ini status di mikrotik waiting for pakcet terus.

    Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa ditanyakan lagi, password default (belakangan ini) umumnya angka semua 9 digit. Beberapa waktu lalu, kombinasi angka dan huruf.
      Bisa ditanyakan lagi, kalo itu tulisan tangan, bisa terjadi kesalahan antara huruf o dan angka 0 atau huruf l dengan angka 1. Atau memang password yang diberikan salah.

      Delete
  49. mba erna, saya punya 2 modem huawei HG8245A yg satu sudah di pakai untuk wifi internet dan yg satu lagi apakah bisa di hubungkan ke modem yg sudah terhubung ke internet tadi agar bisa di jadikan wifi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa , menghubungkannya pake kabel UTP dari port LAN yang diset untuk internet

      Delete
    2. iya sudah mbak, tapi tidak bisa. apa harus di konfigurasi terlebih dahulu ?
      makasih mbak sebelumnya

      Delete
    3. Untuk HG yang tidak ke optik : port LAN diset sebagai bridge dan DHCP di disable

      Delete
  50. saya mau tanya, saya punya router Huawei HG8245 dan ZTE F660, jaringan yg di pakai MyRepublic, yg ZTE bekas Indihome tp udh ga dipake lagi, saya mau bikin ZTE F660 itu jadi router Sekunder atau di bridge, caranya gmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa difungsikan sebagai switch, konfigurasi LAN dan DHCP dihapus/disable.
      sudah nggak berlangganan indihome ? kenapa ?

      Delete
  51. Mau tanya ni mbak.... saya punya indihome Huawei HG8245A.,,
    Saya mau buat SSID nya jadi 2 mbak...
    tapi setelah saya bisa membuat SSID nya jadi 2...
    Kenapa yg bisa nyambung ke internet hanya SSID yg pertama mbak, yg kedua kok gak bisa nyambung ke internet mbak... walaupun SSID yg ke dua bisa nyambung ke ip Huawei HG8245A...tapi tetep gk bisa internetan mbak...

    please help me mbak...
    thnks mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah ditambahkan binding option untuk SSID2 pada konfigurasi WAN ?

      Delete
    2. Saya langganan indihome dengan modem zte ft609. Klo setting bridge harus menghubungi ke teknisi indihome ya? Trus klo sudah tersetting bridge telpon sama useetv nya masih bisa nga. Terima kasih sebelumnya.

      Delete
    3. Untuk mengubah setting internet pada ONT dari mode router ke bridge... harus menghubungi telkom (tidak harus lewat teknisi, bisa lewat customer service ... asal bisa buat dial pppoe sendiri karena ada konfigurasi disisi telkom yang harus diubah).
      Tidak mempengaruhi layanan telpon dan useetv

      Delete
  52. selamat malam bu erna kalo kita dial-up PPPoE melalui mikrotik.

    itu pengaruh gk ke useeTv dan Telp saya ??

    terima kasih sebelumnya toturnya membantu untuk newbie MikroTik seperti saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada, karena masing masing layanan mempunyai kanal logic sendiri.

      Delete
  53. Dear Bu Ambar

    Saya ingin mengkoneksi 2 router dengan LAN-LAN.
    Mohon dibantu bagaimana cara konfigurasinya, dan bagaimana dengan pola kombinasi kabelnya. (apakah bisa dengan pola straight atau harus dengan pola cross?)
    lalu bagaimana dengan colokan pada portnya.

    Terima kasih

    ReplyDelete
  54. Siang Mbak,

    kenapa settingan WAN pada ONT Huawei HG8245A punya saya "disabled" ya mbak. Jadi nggak bisa diedit sama sekali. Ini screenshootnya: http://prnt.sc/dqvulg

    ReplyDelete
  55. Siang Mbak..
    Saya Mau nanya mbak, Kami mau memasang lab komputer. kami Menggunakan Modem Indihome Huawei HG8245. Contoh Rencana Topologinya seperti Ini :
    Internet --> Modem Indihome --> Router Mikrotik ( RB951) --> Switch.
    Yang Mau saya Tanyak Apakah saya harus melakukan Dial PPPoE Melalui Mikrotik Agar bisa mengkonfigurasi internet dengan Mikrotik atau Bisa tampa melakukan Dial PPPoE..?
    Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa tanpa dial PPPoE dari mikrotik.

      Delete
    2. Cara nya cemana mbak...?
      Mohon dong tutorialnya..
      :-)

      Delete
    3. Cara nya Gimana Mbak..
      Bisa kasih Tutorialnya Ngak mbak..?
      Thanks..

      Delete
  56. mba mo nanya, wifinya masih berfungsi kah klo modem indihomenya di set mode bridge?

    ReplyDelete
  57. malam mba? knpa setelah di set mode bridge di modem HUAWEI HG8245A wifi jdi tdk bsa konek lewat android..dan status di dhcp client mikrotik searching truss,tpi tetap bsa internetan lwat LAN..gmna caranya modem di set bridge tpi wifi tetap bsa konek lewat android apa harus di sambungkan lagi dgn TP LINK dan bagaimana caranya..mohon pencerahannya mba? trima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dhcp mikrotk, default atau buat sendiri ?
      androidnya sudah dapat IP Address dsri mikrotik atau belum ?

      Delete
    2. default mbak,gmna bsa akses wifinya lwat andorid mode bridge di modem..?baca2 di geogle rb750 tdk dilengkapi wireles untuk memancarkan wifi ke android mbak,CMIIW.

      Delete
  58. malam mba? knpa setelah di set mode bridge di modem HUAWEI HG8245A wifi jdi tdk bsa konek lewat android..dan status di dhcp client mikrotik searching truss,tpi tetap bsa internetan lwat LAN..gmna caranya modem di set bridge tpi wifi tetap bsa konek lewat android apa harus di sambungkan lagi dgn TP LINK dan bagaimana caranya..mohon pencerahannya mba? trima kasih.

    ReplyDelete
  59. Saya pelanggan indihome 3p,
    Status 192.168.1.1 terbaca=
    port 1 bridge
    Port 2 bridge
    Port 3 route
    Port 4 bridge
    Pertanyaan nya, bagaimana cara menambah satu koneksi lan lagi menuju modem? Selama ini saya menggunakan 1 koneksi lan dari port 3 mnuju CPU dan saya bermaksud menambah jumlah CPU 1 lagi. Saya coba port 1,2,4 kok ga bisa internet ya pake kabel lan, bagaimana caranya biar saya bisa internetan pake kabel lan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari port 3 bisa ditambahkan switch, kemudian dari switch dikoneksikan ke CPU

      Delete
  60. Selamat siang mbak....
    saya baru beli modem huawei hg8245a bekas.
    saya reset trus saya mau ubah ke bridge.
    saya masukkan pasword telecomadmin dan admintelecom tidak bisa masuk.
    saya coba pake yg support jga ndang bisa masuk.
    saya pake root pasword admin juga tidak bisa.adakah yg salah dengan router saya dan gimana solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa membeli modem/ ONT bekas ?
      kalo ONT yg dipake indihome rusak, tinggal lapor ke telkom, akan datang teknisi untuk mengganti...

      ONT buat layanan Indihome harus diregistrasi ke sistem yang di telkom, di Access Node (OLT) dan di IT Tool. Antara OLT dan ONT umumnya berada pada satu platform...

      Jadi... nggak bisa ganti-ganti sendiri.

      Delete
  61. Mbak mw tanya q punya route 8245h yang g kepakek klo usbny tk kasih modem bisa g untuk akses internetnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba bantu jwb.

      port USB di hg8245h khusus utk storage (flashdisk / harddisk external) dipakai untuk akses data FTP.

      tidak bisa dipakai modem atau device lain.
      cmiiw

      Delete
  62. Mbak Erna,

    Apa bisa kita lihat wifi client yang ada di sekitaran kita dengan memakai Modem huawei Indihome HG8245H.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk melihat AP luar, buka tab STATUS
      pilih tombol QUERY di bagian external/nearby AP.

      atau

      pilih tab WLAN, lalu menu WIFI COVERAGE. untuk bagian sinkronasi ke sinyal wifi luar saya juga belum tahu caranya.

      Delete
  63. Permisi mbk sy mau beli modem huawe i bekas buat nembak wifi trs modem tersebut di setting mnjadi router bisa ta? Mohon pencerahany master

    ReplyDelete
    Replies
    1. Modem yang seperti apa ?

      Lebih baik beli Access Point

      Delete
  64. permisi kak, apakah router HG8245H bisa jadi ekstender untuk lantai atas? lalu untuk kabelnya straight atau crossover? lalu sebelumnya apakah mba tau cara split usee tv? soalnya sebelumnya saya ada 2 useetv(lantai bawah sama atas) namun karena saya tidak tahu passnya router HG8245H (lantai atas) saya restart sehingga fungsi tvnya tidak berjalan

    terima kasih mba

    ReplyDelete