Monday, October 26, 2015

Perangkat yang dibutuhkan di rumah pelanggan IndiHome

Walaupun instalasi IndiHome dikerjakan oleh petugas Telkom atau instalatur yang lain, ada baiknya kita mengenal perangkat yang kita butuhkan untuk layanan ini.

Network IndiHome dirumah dapat digambarkan secara sederhana seperti dibawah. Walaupun dalam kenyataannya, jarak dari ONT ke STB atau ke telepon tidak berdekatan. Di rumah, kita dapat menempatkan layanan 3P sesuai dengan keinginan kita. Dan bisa menambahkan perangkat yang lain, misal Access Point agar cakupan wifi lebih luas.




Keterangan gambar

  1. ONT (support wifi)
    Optical Network Termination (ONT), berfungsi sebagai terminasi fisik serat optik dari sisi operator telekomunikasi, disamping fungsi-fungsi logic yang lain. Beberapa petugas dan pelanggan kadang menyebut dengan modem. ONT yang dipinjamlan ke pelanggan indihome biasanya sudah mendukung wifi, yang umumnya digunakan untuk akses layanan internet dari laptop. ONT merupakan interface antara Access Network dan Home Network.
    ONT disediakan oleh penyedia jasa layanan, karena ONT harus sesuai dan dikenal OLT, yaitu perangkat akses yang ada disisi penyedia Network. Dengan demikian, pelanggan tidak bisa mengganti ONT sendiri tanpa sepengetahuan operator network.
    Tidak seperti modem ADSL, yang dengan mudah ditemukan di pasaran dan kita bisa menggantinya sendiri

  2. STB
    Set Top Box (STB), sebagai decoder dari jaringan berbasis IP menuju format Televisi.
    IP STB disediakan penyedia layanan, STB harus sesuai dengan decoder yang ada disisi operator IPTV/ useetv (PT Telkom). STB mempunyai interface kearah ONT dan display (televisi).

    STB untuk useetv disediakan oleh operator (Telkom).

  3. Telepon Analog
    Terminal telepon atau pesawat telepon yang digunakan merupakan pesawat telepon analog, yang berfungsi sebagai interface ke arah user (orang). ONT akan mengubah format analog dari terminal telepon menjadi format IP dan sebaliknya. Terminal telepon analog mendapat catu daya dari ONT, sehingga jika ONT dimatikan maka telepon juga mati. Tidak seperti pada arsitektur yang digunakan IndiHome jika menggunakan media akses tembaga.
    Untuk terminal telepon ini, pelanggan harus membeli sendiri

  4. Televisi.
    Display yang secara umum digunakan untuk menampilkan useetv cable. Bisa juga diarahkan ke display yang lain, misalkan proyector

  5. Remote control STB
    Digunakan untuk mengoperasikan Set Top Box.

  6. Remote control Televisi
    digunakan untuk mengoperasikan televisi

  7. Roset Optik
    Sebagai terminasi kabel indoor dan patchcore

  8. Optical indoor cable
    Instalasi kabel rumah berupa fiber optic, yang menghubungkan OTP (Optical termination premises) dengan Roset.

  9. Patchcore
    Kabel interkoneksi, biasanya dengan konektor yang sudah terpasang di kedua ujungnya, digunakan untuk menghubungkan roset dengan ONT

  10. Kabel UTP (koneksi antara ONT dengan smart TV/PC/Laptop)
    Pada contoh ini, display useetv menggunakan smart TV, sehingga bisa difungsikan sebagai gadget untuk mengakses internet. Koneksi antara ONT dengan smart TV dapat menggunakan kabel UTP atau wireless.

  11. Kabel UTP (koneksi antara ONT dengan STB)
    Koneksi yang digunakan antara ONT dengan STB menggunakan kabel UTP.

  12. Kabel telepon dengan RJ11
    digunakan untuk menghubungkan antara ONT dengan terminal telepon analog

  13. Kabel untuk koneksi antara Televisi dan STB , bisa berupa : HDMI, RCA atau YPbPr tergantung pada Televisi yang digunakan. Jika berlangganan layanan HD, operator akan meminjamkan /sewa STB yang support HD dan kabel yang digunakan HDMI atauYPbPr.



Lihat artikel terkait

No comments:

Post a Comment