Friday, January 15, 2016

Konfigurasi Access Point TP Link TL WA701ND

Penambahan Access Point pada lokal area network di rumah pada dasarnya untuk memperluas area cakupan LAN. Jika kita mempunyai sebuah Access Point, ada beberapa pilihan mode operasi yang bisa dipilih untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Pada posting kali ini, saya ingin share konfigurasi Access point jika dipilih mode Access point, dengan contoh AP yang saya gunakan adalah TP Link terhubung ke Home Gateway pada layanan IndiHome.



Arsitektur Jaringan

Secara sederhana, arsitektur jaringan untuk internet indihome dengan tambahan access point di rumah adalah seperti berikut :
Home Gateway/ONT untuk layanan internet disetting sebagai router PPPoE. Antara Router dan Access Point dihubungkan menggunakan kabel UTP.

Konfigurasi Access Point

Konfigurasi berikutnya dilakukan pada AP :
  • Login AP
  • Quick setup - Operation mode : Access Point
  • Cek Koneksi

Login AP

Hubungkan AP dengan laptop yang digunakan untuk mengkonfigurasi. Setelah terhubung, login ke AP. Pada contoh ini, TP Link TL WA701ND menggunakan IP Address 192.168.0.254. Username : Admin dan password : Admin.


Quick setup - Operation mode : Access Point

Dari menu, pilih quick setup kemudian klik 'next'


Pilih  : mode Access Point, kemudian klik 'next'



berikutnya kita lakukan setting  wireless. Inputkan nama SSID yang berbeda dari SSID Home Gateway, berikan password, kemudian klik 'next'.



Pada Network Setting, pilih DHCP Disable. Client akan mendapat IP Address dari Home Gateway jika DHCP HG enable, kemudian klik 'next'.



Setelah selesai, kita Reboot AP. Sebelum direboot, cek terlebih dahulu , apakah konfigurasi yang kita buat sudah benar.


Access Point - Cek Koneksi

Terakhir, kita cek koneksi dari laptop ke AP. Lepaskan koneksi kabel UTP dari laptop ke AP dan aktifkan wifi pada laptop. Pilih SSID yang baru dibuat, pada contoh ini : nama SSID  adalah ambar_ap.  Laptop tersambung ke access point dengan MAC Address 60-E3-27-C1-6A-CD dan mendapat IP address dari Home Gateway (jika DHCP enable).



Jika internet tidak bermasalah, siap browsing ...

4 comments:

  1. Salam kenal Mba Erna,
    Di rumah saya, saya menggunakan arsitektur jaringan yg sama persis dgn gambar di atas. Permasalahan saya hanya pada kestabilan koneksi dari SSID A (ONT/HG) yg sering putus. Hal ini sangat mengganggu karena saya sering menggunakan aplikasi yg membutuhkan kontinuitas sambungan ke server. Berbeda dengan kondisi diatas, SSID B (AP), justru lebih stabil/tidak pernah putus, padahal setingan parameter utk kedua SSID sama. Mungkin mba Erna punya solusi utk permasalahan saya di atas. Terima kasih.

    Wasalam,
    Ferry

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah dicoba , dibuat channel yang berlainan ?
      untuk area yang overlap, channel yang tidak overlap 1, 6 , 11

      Delete
  2. bagaimana caranya wa701nd dibuat mode pppoe?

    ReplyDelete
  3. bagaimana caranya w701nd dibuat mode pppoe disambungkan dr nanostation

    ReplyDelete