Monday, February 8, 2016

Mengganti password Login di ONT ZTE F660

Pada ONT ZTE F660 (disini saya menggunakan ONT Model F660, Hardware Version V3.0,&Software Version : V2.30.20P5T4H, terdapat dua pilihan username dan password untuk login ke ONT, yaitu

  • Pertama : username : admin , password : admin.
  • Kedua : username : user , password : user
Username : admin menyediakan menu konfigurasi yang lebih lengkap jika dibandingkan username user. Username admin tidak dapat diganti namun passwordnya bisa diganti. Sedangkan username : user, username dan passwordnya bisa diganti.

Password login kadang perlu diganti, agar tidak sembarang orang dapat mengakses dan memodifikasi setting yang dapat dilakukan melalui ONT, misalkan tentang settingan wifi.


Mengganti password admin untuk login pada ONT ZTE F660

Untuk mengganti password admin : dari menu, pilih Administration - User Management.
Pada User Right : pilih Administrator, kemudian inputkan password yang sedang dipakai dan password baru sebagai pengganti. Kemudian 'submit'.


Mengganti user dan password user untuk login pada ONT ZTE F660

Pada User Right 'User', kita dapat mengganti username dan passwordnya, seperti contoh dibawah. Pada contoh ini, saya mengganti username : user menjadi ambar

Caranya : dari menu yang sama dengan diatas, pilih user, kemudian tinggal mengganti user dan passwordnya.
 


Dengan demikian, password kita bukan menjadi password yang umu diketahui oleh orang banyak.

Masalahnya adalah ketika kita lupa password login ke ONT, maka kita tidak bisa login. Umumnya, perangkat sejenis ini, jika diseset akan kembali ke konfigurasi asalnya (default). Spesial untuk versi yang ini, password login tidak kembali ke default. Namun ZTE juga memberikan solusinya.

3 comments:

  1. Kalau sudah terlanjur seting ke "User", cara kembalikan ke Administrator bisa ga gan. Soalnya habis seting ke user pilihan administrator dan user nya dah ga ada lagi. Cuma ada menu ganti password aja.

    ReplyDelete
  2. thanks, sangat membantu :)

    ReplyDelete