Saturday, February 17, 2018

TCP/IP 5 . Addressing dalam TCP/IP

Terdapat empat alamat yang digunakan didalam protocol TCP/IP, yaitu : physical address, logical address, port address, dan application-specific address


Physical Addresses

Physical address / alamat fisik, dikatakan juga link address adalah alamat sebuah node yang didefinisikan sendiri oleh LAN atau WAN. Termasuk frame yang digunakan oleh layer data link. Ini merupakan pengalamatan pada tingkat yang paling bawah. Physical address mempunyai otoritas melalui link tertentu (LAN atau WAN). Ukuran dan format dari address ini bervariasi tergantung pada network. Contoh : ethernet menggunakan 6 byte (48 bit) pada network interface card (NIC). Local-Talk (Apple), mempunyai 1-byte dynamic address. Contoh pada ethernet : ‎F8-34-41-65-2D-18 yang ditulis dalam hexadesimal.

Logical Addresses

Logical address /Alamat logik diperlukan untuk komunikasi universal yang tidak bergantung pada jaringan fisik dibawahnya. Didalam internetwork tidak cukup hanya menggunakan physical address, apalagi pada network yang berbeda dapat mempunyai format alamat yang berbeda. Sistem pengalamatan secara universal dibutuhkan pada host agar dapat diidentifikasi secara unik. Pada TCP/IP logical address yang didesain adalah IP address versi 4 yang berupa 32 bit, dan juga terdapat IP Address versi 6. Pada jaringan public tidak diijinkan terdapat IP address yang sama. Contoh :

Port Addresses

IP address dan physical address diperlukan oleh sejumlah data yang berjalan dari ‘source’(asal) ke ‘destination’(tujuan). Tetapi, kedatangan di host tujuan bukan tujuan akhir komunikasi data di Internet. Komputer adalah perangkat yang dapat menjalankan beberapa proses sekaligus. Tujuan akhir komunikasi internet adalah proses berkomunikasi dengan proses lain. Komputer A dapat berkomunikasi dengan computer C menggunakan telnet, dan pada waktu yang sama , computer A berkomunikasi dengan computer B dengan menggunakan File Transfer Protocol (FTP). Untuk mengirimkan data secara simultan dibutuhkan label atau alamat. Didalam protocol TCP/IP layer transport alamat ini disebut port, panjangnya 16 bit.

Application-Specific Addresses

Beberapa aplikasi mempunyai alamat user-friendly yang didesain untuk aplikasi khusus. Contoh : alamat e-mail (contoh : ambar@telkom.co.id) yang mendefinisikan penerima e-mail dan Universal Resource Locator (contoh : www.ambarerna.blogspot.co.id) yang digunakan untuk mencari dokumen didalam World Wide Web. Alamat ini berkorespondensi dengan port dan pengalamatan logic.

Gambar dibawah merupakan contoh addressing dalam TCP/IP yang dicapture menggunakan wireshark ketika mengakses https://ambarerna.blogspot.co.id


Hasil capture diatas, dapat dilihat :
  • Application-spesific addresses : http://ambarerna.blogspot.co.id
  • Port Address : Source port : 63184 dan Destination port : 80
  • Logical address (IP address) : Source IP address : 10.244.35.67 dan Destination IP Address : 74.125.24.132
  • Physical Address (MAC Address) : Source : F8:34:41:65:2d:18 dan Destination : 44:d3:ca:5e:30:40
Bisa digambarkan secara sederhana seperti berikut:

No comments:

Post a Comment