Monday, March 28, 2016

Membatasi Alamat Web melalui ONT ZTE F609

ONT ZTE F609 mempunyai fasilitas yang digunakan untuk membatasi alamat web yang diinginkan dan yang tidak diinginkan untuk diakses.
Tidak seperti pada F660, walaupun terdapat menu sejenis ini, namun ketika saya mencobanya, ternyata tidak berfungsi.

Untuk memblok alamat web tertentu, dari menu : pilih security - URL Filter, kemudian :
  • Enable : berikan tanda centang
  • Mode : discard (jika diinginkan alamat ini diblok)
  • URL Address : isikan alamat web yang ingin diblok, dalam contoh ini : www.indihome.co.id 
  • Klik Add


Setelah ditambahkan, akan berada didalam daftar URL Address. Tambahkan alamat alamat lain yang ingi diblok.


Web yang sudah di blok, tidak bisa terjangkau ...
Coba ke www.indihome.co.id


Dan coba ke www.yahoo.com




semoga sharing ini bermanfaat

24 comments:

  1. Mba, kalo nge-limit bandwidth tanpa mikrotik gimana ya mba ?

    Saya menggunakan ZTE F609, SSID saya aktifkan 2 buah SSID.
    Nah, pertanyaan saya, gimana ngelimit bandwidth di salah satu SSID ?

    ReplyDelete
  2. nice share, sama2 ngulas indihome thx sharingnya...

    Mampir juga ya ke sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. OK, aku catat baik alamat web nya http://speedydermayu.web.id/, tadi sudah lihat beberapa artikel...
      Kita bisa sharing.
      Makasih jiga atas kunjungannya

      Delete
  3. not work untuk ZTE F609.
    kasus diatas SS berhasil blok url nya pake yg f660 ga buk?

    ane sdh cape utak-atik block url gunain f609 g'pernah berhasil.
    malah sdh nambah "*.domain.com" jg ttp tdk berhasil.

    apa firmware V-5.2 tdk support utk blok url kali ya?
    btw ont ibuk firmware versi brpa koq bs brhasil?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini versi firmwarenya V5.2.10P3T12

      Delete
    2. sama buk ver firmwarenya, ttp tdk bisa.
      sy jg tdk tau kenapa, sy sdh googling dan kesimpulan nya ada yg bisa dan ada yg tidak karna pembatasan provider setiap wilayah atau versi firmware yg tdk mendukung.

      trims atas jawabannya buk..

      Delete
    3. sama-masa, makasih sharingnya

      Delete
    4. o iya.... saya coba di f660, nggak bisa

      Delete
  4. Block/Filter URL di F660 / F609 hanya bisa utk situs non HTTPS.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo untuk https bisa nggak ya? Atau ada tutorial lainnya

      Delete
    2. Itu... sudah dijawab oleh Kokoronotomo.
      ...
      port number untuk https adalah 443 beda dengan http yang mempunyai port number default 80.

      Delete
  5. Kok disaya Url filter kok tidak ada ya ?

    ReplyDelete
  6. Saya malah gak ada fitur tab security. saya pake modem ztef609 firmwarenya V5.2.10P3T12.

    ReplyDelete
  7. saya pake ZTE F609 kok tidak bisa yaa,,,padahal sudah saya masukkan daftar yang diblokir..terima kasih

    ReplyDelete
  8. Saya pernah coba, gk work. Apa mungkin setelah setting block url, hrus di reboot dl modemnya baru bisa work. Soalnya blm saya coba juga setelah itu trus direboot.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih ya.... sharing nya,
      kok beda-beda

      Delete
    2. Mbak Erna firmware nya versi brp? Kok di saya gk ada ya fitur itu :3

      Delete
  9. Replies
    1. Ya.. ONT waktu saya nulis artikel ini dengan ONT yang sekarang digunakan kemungkinan mempunyai versi firmware yang berbeda. Bisa saja ONT nya masih yang itu tapi firmware nya sudah diupgrade.
      Sehingga fitur yang disediakan juga berbeda.

      Kemungkinan yang lain adalah : kalo username untuk ONT 609 ada admin dan user. Yang bisa kita gunakan adalah user. Yang admin ditutup... bisa jadi fitur itu ada disini (saya sudah lama nggak cek). Nah.. kalo memang penting, kita bisa minta password admin untuk sementara melalui call center 147

      Delete
  10. Replies
    1. ada dua username untuk login ke F609.
      Username : user , password : user . Kalau untuk mengganti password wifi bisa disini.
      Untuk mendapatkan fitur yang lebih banyak, menggunakan username : admin. Password : ... sering berubah, untuk mendapatkannya , bisa menghubungi 147 dan bisa digunakan sementara.

      Delete