Friday, January 25, 2019

Cara update OS dan Firmware Router Mikrotik

Terkadang, apa yang pernah kita lakukan , walaupun sederhana .... bisa saja lupa.
Nah, daripada cari cari lagi, lebih baik buat catatan sendiri..
Ini catatanku tentang : Cara update OS dan Firmware Router Mikrotik.

Caranya adalah :
  1. Koneksikan Router Mikrotik ke Internet. Saya menggunakan Indihome, LAN1 nya mikrotik dengan kongigurasi default , saya koneksikan ke LAN2 nya ONT (kebetulan ONT saya , settingan internet nya ada di LAN2) dan koneksikan Mikrotik ke laptop , bisa menggunakan kabel atau wifi

  2. Upgrade Operating System

  3. Untuk melakukan upgrade Operating System Mikrotik, buka Winbox dan login, kemudian dari menu :
    1. Klik System
    2. Berikutnya pilih Packages
      Setelah di klik packages, akan muncul tampilan Check for Updates
    3. Kemudian klik Check for Updates
    4. Ada dua pilihan yaitu download dan Download & Upgrade
      saya memilih Klik Download & Upgrade
      Setelah di klik ini, secara otomatis akan mendownload dan mengupgrade, setelah itu merestart Mikrotik

  4. Upgrade Winbox (jika dibutuhkan)
    OS yang lebih baru, bisa saja membutuhkan versi winbox yang lebih baru. Sebelum saya upgrade, saya menggunakan winbox 3.12 dan setelah upgrade OS, menggunakan winbox versi 3.18

  5. Upgrade Firmware Router Board
  6. Untuk mengupgrade Firmware : buka winbox dan login, kemudian dari menu : 
  1. Pilih System
  2. Kemudian pilih Router Board
  3. Pada window RouterBoard, klik upgrade. Otomatis akan mengupgrade dan setelah selesai diminta untuk reboot
  4. Klik Yes
Setelah Reebot, silakan dicek kembali ...

No comments:

Post a Comment