Friday, July 24, 2020

dB atau dBm untuk mengukur jaringan IndiHome dan berapa ukuran yang baik ?

Ini masih terkait dengan jaringan IndiHome. Saya sering mendengar atau membaca tulisan kedua satuan ini (dB dan dBm) tertukar, walaupun terkadang saya memahami maksudnya. Namun terkadang juga menjadi tanda tanya ... sebenarnya maksudnya mau cerita apa ?. Misalnya begini : Redamannya -20 dBm. Lha ini maksudnya mau cerita power atau redaman ?

Yuk, kita kembali ke jalan yang benar.

Optical Power

Didalam Optical Power
dBm adalah tingkat daya aktual yang diwakili dalam miliwatt,
dB (decibel) adalah perbedaan antara dua power



dB dan dBm dalam IndiHome

Pada IndiHome, terdapat dua perangkat aktif yang berpasangan, yaitu Optical Line Termination (OLT) yang berada disisi Telco dan Optical Network Termination (ONT) yang ada disisi pelanggan.

Dapat digambarkan sebagai berikut :
Power transmit dan power receive satuannya dBm.
Attenuation atau redaman satuannya dB

Arah Downstream

Pada arah downstream (garis/tulisan warna merah). Diberikan contoh Power yang dikirim oleh OLT (Tx) adalah 2 dBm dan power yang diterima (Rx) oleh ONT adalah -20 dBm. Attenuation atau redamannya adalah 2 - (-20) = 20 dB.

Arah Upstream

Pada arah upstream diberikan contoh Power yang dikirim oleh ONT (Tx) adalah 2,1 dBm dan power yang diterima (Rx) oleh OLT adalah -21 dBm. Attenuation atau redamannya adalah 2,1 - (-21) = 23,1 dB.

Berapa ukuran jaringan IndiHome yang baik ?

Umumnya untuk men-cek jaringan IndiHome cukup dengan mengukur Power Receive (Rx) di sisi pelanggan, yaitu Rx ONT atau dengan kata lain, untuk arah downstream. Nilai yang masuk kedalam standard spesifikasi jaringan adalah -8 dBm sampai dengan -27 dBm. Batasan ini berdasarkan standard ITU-T untuk teknologi GPON dengan ODN Class B+. Namun untuk menjaga potensi gangguan karena jaringan, PT Telkom mensyaratkan Tx Power terkecil -24 dBm.

Sedangkan untuk arah upstream, atau Rx disisi OLT, nilai yang masuk kedalam standard spesifikasi jaringan adalah -8 dBm sampai dengan -28 dBm. Batasan ini berdasarkan standard ITU-T untuk teknologi GPON dengan ODN Class B+
Semoga bermanfaat



No comments:

Post a Comment