Sunday, June 9, 2013

FAQ IPTV (tanya jawab tentang IPTV)

  1. Pengertian IPTV

  2. Apakah IPTV ?

    Dari definisi ITU : IPTV (Internet Protocol Television) adalah layanan multimedia seperti televisi/video/audio/text/grafik/data yang dikirimkan melalui jaringan managed IP yang menyediakan quality of service and experience, security, interactivity dan realibility.
    Dari definisi tersebut, terdapat kata kunci yang membedakan antara IPTV dengan TV tradisional, yaitu adanya interaksi dua arah. Sedangkan kata kunci ‘dikirimkan melalui jaringan managed IP’, menjadi keunggulan dari IPTV dibanding dengan Video atau TV yang dikirim melalui jaringan internet public

    Apa perbedaan antara IPTV dengan TV Cable ?

    IPTV menyediakan lebih banyak jenis layanan dibanding dengan TV cable. Selain broadcast service seperti yang diberikan oleh TV cable, IPTV juga dapat memberikan On Demand Service, Interactive Service, Portal Service, Hosting Service serta 3rd Party Content Service.

    Apa perbedaan antara IPTV dengan TV Tradisional ?

    IPTV mempunyai lebih banyak pilihan layanan dan bersifat interaktif. Sedangkan TV Tradisional atau sering disebut sebagai TV broadcast tidak bersifat interaktif.

    Apa perbedaan antara IPTV dengan streaming Video seperti You Tube ?

    Bandwidth IPTV dimanage sampai dengan server content. Trafik IPTV dilewatkan melalui jaringan IP private, sedangkan trafik streaming video seperti you tube dilewatkan melalui jaringan IP public.

    Layanan IPTV dapat mempunyai sifat multiscreen. Apa maksudnya ?

    Multiscreen disini mempunyai arti dapat ditampilkan melalui beragam perangkat, yaitu :
    • Pesawat Televisi (melalui Set Top Box)
    • Komputer atau sejenisnya (notebook, laptop, dll)
    • Mobile Terminal atau berbagai gadget.
    Layanan multiscreen ini, ketersediaannya tergantung pada operator IPTV .

  3. Arsitektur, Head End dan Middleware

  4. Bagaimana infrastruktur Network IPTV ?

    Infrastruktur Network IPTV dapat digambarkan sebagai berikut :

    Sumber : ZTE University

    Content Live TV, dapat berasal dari Local Content maupun dari Satelit, yang kemudian di perangkat Head End akan di-encode dan dikirim ke Middleware. Middleware akan mengatur berdasarkan database untuk mengirimkan ke end user melalui IP Network yang di-manage.
    Content VoD dan content yang dikirim menggunakan trafik unicast disimpan dalam server content yang berada didalam Network CDN (Content Distribution Network)

    Apakah Fungsi Head End ?

    Didalam gambar infrastruktur diatas, Head End dibagai menjadi tiga bagian yaitu : Head End, Middleware dan CA/DRM. Head-end, terdiri dari IRD (integrated receiver decoder) yang berfungsi sebagai penerima kanal televisi melalui satelit, dan encoder yang berfungsi mengubah format video ke format baku MPEG-4/H.264 untuk dilewatkan ke jaringan IP.

    Apakah fungsi Middleware ?

    Middleware merupakan komponen pengendali utama layanan IPTV. Middleware terintegrasi dengan VoD Server, content management/delivery system (CMS/CDS), end-user terminal, CA/DRM dan NMS. Sistem pada middleware mendukung open architecture dan mempunyai open standard interface, untuk berkomunikasi dengan 3rd party application, dan mendukung pengembangan layanan baru dengan cepat.

    Bagaimana jariman keamanan data yang dikirim melalui jalur IPTV ?

    Sebagai kelebihannya, IPTV tidak hanya mengirimkan service video tetapi juga audio dan data, DRM dapat menjaga adanya pelanggaran dari user yang tidak berhak.

  5. Layanan IPTV

  6. Apa saja layanan IPTV (IPTV service) ?

    Salah satu hasil dari FG ITU membagi service IPTV menjadi :
    • Broadcast Service (contoh : Broadcast TV, PPV, DVR)
    • On Demand Service (contoh : Video on Demand, Music on Demand)
    • Interactive Service (contoh : T-information, T-Commerce)
    • Portal Service (contoh : Data Portal)
    • Hosting Service (contoh : Business to business IP Hosting)
    • 3rd Party Content Service

    Apa yang dimaksud dengan Live TV ?

    Live TV mirip dengan layanan TV tradisional. User IPTV dapat melakukan navigasi kanal-kanal TV melalui EPG yang selalu up to date. Kanal TV yang dapat diakses oleh user tergantung pada paket yang disediakan oleh Operator IPTV sesuai dengan pilihan pelanggan.
    Live TV berbasis IPTV mempunyai kelebihan dibanding dengan TV tradisional. Kualitas gambar dapat didelivery dalam format HDTV maupun SDTV. (ketersediaannya tergantung kepada Penyedia Layanan IPTV). Kelebihan yang lain adalah adanya parental control.

    Apakah Live TV sama dengan Broadcast TV ?

    Live TV dapat diidentikkan dengan Broadcast TV. Didalam layanan IPTV, kedua istilah tersebut mempunyai maksud yang sama. Live TV dikirim secara multicast keseluruh group/ user yang berlangganan channel yang bersangkutan

    Apa yang dimaksud dengan Layanan Unicast dan Multicast ?

    IPTV multicast memungkinkan content provider mengirimkan content TV ke beberapa pelanggan pada waktu yang bersamaan. Walaupun pada prakteknya, content provider TV, seperti TV channel (kanal-kanal TV seperti RCTI, SCTV) tidak mem-broadcast secara langsung ke pelanggan tetapi mengirimkannya ke ISP, kemudian ISP (penyedia layanan IPTV) mengirimkannya ke pelanggan melalui infrastruktur networknya.
    IPTV unicast mengirimkan content TV ke user tertentu. Contoh service unicast adalah Video on Demand, yang memungkinkan user meminta acara / film khusus yang disediakan oleh operator IPTV.

    Layanan IPTV apa saja yang pada umumnya dikirim secara multicast ?

    Live TV, NVoD (Near Video on Demand)

    Apa yang dimaksud layanan NVoD ?

    Layanan NVOD (Near VOD) serupa dengan layanan VOD, namun terbatas untuk film pilihan. Dalam layanan ini, film akan disiarkan pada kanal tertentu, kemudian film ini akan diulang secara berkelanjutan selama waktu yang telah ditentukan (misalnya dalam 24 jam). Customer hanya perlu menyalakan kanal dimana film ditayangkan. Layanan ini didistribusikan dengan metode multicast di jaringan private.

    Apa yang dimaksud dengan VoD ?

    Video on Demand adalah salah satu kunci layanan IPTV. Dengan layanan ini pelanggan dapat memilih konten yang berada di Network . Content video biasanya dibedakan dalam beberapa kategori. Layanan ini juga dilengkapi dengan parental control.

    Apa yang dimaksud dengan TSTV

    Time Shift Televisión, merupakan kombinasi dari Live TV dan layanan on-demand, yang membuat layanan Live TV menjadi lebih atraktif. Dengan menggunakan fungsi time-shift, user dapat melakukan trik-trik seperti pause dan fase rewind dan dengan demikian user tidak akan melewatkan acara favoritnya. Pada Layanan TSTV, user dapat me-rewind acara yang ada selama setengah jam atau satu jam tergantung pada layanan yang disediakan oleh operador IPTV.

    Apa yang dimaksud dengan TVoD

    TV on Demand (TVOD) adalah feature untuk menampilkan rekaman TV pilihan. Dalam penggunaannya TVOD mirip dengan VOD, namun content yang dimainkan adalah program-program TV pilihan yang dianggap menarik. Rekaman content TV ini dilakukan di network, bukan di perangkat customer.

    Apa yang dimaksud dengan PVR

    PVR ádalah layanan yang digunakan oleh user untuk merekam content yang mereka pilih sendiri. User dapat melihat kembali content tersebut kapan saja . Personal Video Recording (PVR) dapat dibagi menjadi LPVR (Local Personal Video Recording) dan NPVR (Network Personal Video Recording) Dengan LPVR, user merekam content didalam Local Disk yang ada di Set Top Box. Dengan NPVR, user merekam content didalam Network. Operator IPTV mengalokasinya space untuk penyimpanannya.

    Apa yang dimaksud Music on Demand (MoD)

    MoD memungkinkan user untuk memilih content-content music sesuai dengan keinginannya, sesuai dengan daftar yang ada.

    Apa yang dimaksud dengan HDTV dan apa yang dimaksud dengan SDTV ?

    Istilah HDTV (High Definition Television) dan SDTV (Standard Definition Television) berkaitan dengan besarnya resolusi video. HDTV mempunyai resolusi yang lebih tinggi dibanding dengan SDTV sehingga kualitas gambarnya menjadi lebih baik. Standard Resolusi SDTV adalah 480(i/p) , sedangkan standard resolusi untuk HDTV adalah satu dari 720p, 1080i dan 1080p.

    Apa yang dimaksud dengan interactive service dan apa saja contohnya ?

    Interactive service memungkinkan end user untuk mengirimkan berbagai type request dan menerima feedback secara interaktif. Beberapa layanan interaktif diantaranya ádalah :
    • commercial service, seperti : personal banking, transfer uang, ticketing.
    • Learning Service
    • Web portal
    • Interactive advertising

    Apa maksud istilah EPG ?

    Electronic Program Guide adalah on-screen guide untuk penjadwalan program service, content dan tambahan informasi, yang memungkinkan pemirsa IPTV untuk melakukan navigasi, memilih dan menemukan content berdasarkan waktu, title, channel, genre dan lain-lain. EPG disebut juga Enhanced EPG, IPG (Interactive Program Guide), IMG (Internet Media Guide) atau BCG (Broadband Content Guide). EPG dapat ditampilkan dalam beberapa type seperti Mosaic EPG, Text EPG, Tree EPG, Mini EPG, Box EPG tergantung pada model bisnis service provider.

Referensi
  • ADAMANTIUM, D2.3: Definition and Specifications of IPTV and VoIP Services
  • IPTV Training Manual, ZTE Corporation
  • IPTV Training Presentation Slides, ZTE Corporation
  • Classifications of IPTV service and its meaning , ITU FG IPTV-ID-0026, 1st FG IPTV meeting: Geneva, 10-14 July 2006

2 comments: