Friday, December 26, 2014

Metode Video Streaming

Pengiriman content video melalui internet, disebut sebagai streaming video. Streaming video dapat digunakan untuk berbagai tujuan seperti : Corporate training, Sales presentations, Internet radio and video entertainment, Traffic cameras.
Terdapat beberapa motode pengiriman video streaming melalui internet, yaitu
  • Live streaming
  • Download and play
  • Progressive download and play
  • Podcasting



  1. Live streaming
  2. Live Streaming atau dikatakan True Streaming adalah pengiriman copy video stream yang sama secara simultan kepada pemirsa. signal video datang secara real time dan segera ditampilkan ke pemirsa.
    Kelebihan : Low delay; mendukung live content dan tidak perlu storage di perangkat display. Mendukung interaktif dengan server
    Kekurangan : Sulit melalui firewall, sulit melakukan fast-forward dan rewind. Harus tetap terhubung ke jaringan selama streaming berlangsung.

  3. Download and play
  4. file yang berisi data video/audio terkompresi dari server di download kedalam perangkat/harddisk milik user sebelum mulai ditampilkan (play).
    Kelebihan : Mendapat content lebih baik dengan jaringan yang cepat, akan bekerja dengan firewall dan setting standard (karena data video berupa file).
    Kekurangan : Tidak mendukung ‘true interactivity’ dengan server, perlu menunggu semua content selesai dikirim sebelum mulai melihat video. Membutuhkan penyimpanan file.

  5. Progressive download and play
  6. Mirip dengan download and play. Dengan teknik ini, program video dipecah menjadi file-file kecil, masing-masing didownload ke perangkat user selama playback. Contoh : Youtube.
    Kelebihan : Playback mulai lebih cepat. Menghilangkan problem firewall (TCP/IP). File Video di cached pada PC user untuk control and management (fast-forward, rewind, etc.).
    Kekurangan : Tidak semua media player mendukung segmentasi. File Video Dapat disimpan di storage user.

  7. Podcasting
  8. Kelebihan : Menjangkau pengguna mobile. Content dapat dimainkan tanpa terhubung ke jaringan. Tidak membutuhkan PC untuk playback. Kualitas audio bagus. Dapat dikirim otomatis setelah berlanggan
    Kekurangan : Ukuran screen terbatas. Tidak dapat berinteraksi dengan content PC atau web.

Referensi

  • Wes Simpson, Video Over IP IPTV, Internet Video, H.264, P2P, Web TV, and Streaming: A Complete Guide to Understanding the Technology Second Edition, Focal Press, Oxford, UK, 2008.
  • Wes Simpson and Howard Greenfield, IPTV and Internet Video : Expanding the Reach of Television Broadcasting, 2nd edition, Focal Press, Oxford, UK, 2009.

No comments:

Post a Comment