Saturday, September 26, 2015

Layanan UseeTV

UseeTV adalah produk PT Telkom, sebuah layanan berbasis IPTV yang pada awalnya dipasarkan dengan produk Groovia. Dan tentu saja useetv mempunyai keunggukan sebagai layaknya teknologi IPTV
Bagi saya yang berlangganan useetv ( sebelumnya bernama groovia), dua jenis layanan yang saya sukai dan saat ini, yang memang unggul dibanding pay TV yang lain yaitu TVOD (TV on Demand) dan TSTV (Time Shift Television).



TVOD

Dengan layanan TVOD, semua acara TV selama seminggu yang lalu direkam, dan pengguna bisa leluasa memilih acara yang disukai pada waktu senggang dan santai.
Kita, sebagai pelanggan dapat melihat semua acara rekaman ini sesuai dengan channel langganan kita. Jika langganan semua channel, berarti kita bisa melihat semua acara selama seminggu kebelakang.
Ketika menonton acara ini, bagaikan kita melihat tayangan DVD dirumah. Tayangan ini bisa kita pause, forward dan backward sesuai keinginan kita. Dengan demikian tidak perlu kuatir ketinggalan tayangan acara.


Dari gambar diatas, tanda R dalam lingkaran hijau berarti acara sudah direkam, tanda R dalam lingkaran hijau berarti acara sedang berlangsung dan direkam sedangkan daftar acara tanpa tanda R berarti belum tayang.
Melalui menu ini juga kita dapat melakukan record (NPVR), Lock/Unlock (Parental Control) ataupun melihat Live TV.

Time Shift Television (TSTV) .
Dengan fitur ini, kita bisa lakukan :
Ketika kita sedang menonton live TV dan ingin berhenti beberapa menit karena aca keperluan, misalnya mengambil minum, kita bisa lakukan 'pause', kemudian jika ingin melanjutkan, pilih play.
Ketika kita nonton film, sudah berjalan 35 menit.... tentu ingin melihat dari awal. Kita bisa backward sampai posisi yang kita inginkan. Useetv, saat ini memberikan kita untuk bisa mem-backward live TV selama 120 menit.
Bagaimana jika kita ingin melihat tayangan setelah 120 menit ? .... kita cari di TVoD, biasanya sudah terekam, walaupun kadang kadang belum muncul pada daftar rekaman... tunggu beberapa saat.

Fitur Lain
 
Fitur lain yang saya jarang pake', tapi lumayan.... sebagai pelengkap hiburan, seperti :
VOD (Video on Demand), merupakan video pilihan yang sering diambil dari channel-channel movie. Bagi yang tidak berlangganan movie, ini merupakan fitur menarik.
NPVR (Network Personal Video Recording) atau sering disebut recording saja. Dengan fitur ini, kita bisa merekam acara yang belum tayang yang jadwal acaranya sudah ada. Hasil rekaman ini disimpan di network (servernya useetv), dan user diberi alokasi (space) penyimpanan. Saat ini, useetv memberi kapasitas penyimpanan hanya bisa untuk merekam selama satu setengah jam untuk standard definition (SD). Parental Control atau parental lock, fitur ini digunakan untuk membatasi akses ke channel tertentu, dengan cara memberikan password.
Dan masih ada lagi, yaitu Music on Demand, Karaoke on Demand dan lain-lain... Fitur lain-lain ini memang contentnya masih jarang update. Bagi saya lebih baik daripada kebanyakan content dan tarifnya naik.

Live TV
Mengapa Live TV saya letakkan dibawah ? Ya, karena kalau saya hanya melihat live TV tidak ada bedanya antara useetv cable dengan pay tv berbasis coaxial.
Live TV ini sering disebut senagai layanan multicast, karena pengiriman trafiknya secara multicast.



Artikel terkait
Tanya jawab IPTV

4 comments:

  1. Tvod nya bisa di simpen di harddisk nggak ? Buat uplot ke yutub

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa pake tv tuner.
      untuk di upload ke youtube, nggak diijinkan.

      Delete