Saturday, May 14, 2016

Backup dan Restore Konfigurasi ONT ZTE F609

Terkadang, kita perlu mengubah password admin untuk konfigurasi ONT untuk menjaga agar tidak ada orang lain yang login dan mengganti konfigurasi didalamnya atau sekedar ingin tahu password wifi kita supaya bisa ikut akses ke internet. Karena, jika hal ini terjadi, kita akan repot sendiri. Apalagi, jika kita mempunyai konfigurasi penting didalamnya.


Namun, ketika kita ingin mengubah atau men-cek konfigurasi, kadang kita lupa password login ONT. Solusinya sederhana, dengan me-reset ONTF609, maka konfigurasi akan kembali ke default termasuk password admin. Yang menjadi masalah adalah : konfigurasi yang sudah dimodifikasi menjadi kembali ke default juga.

Untuk mengatasi hal tersebut,  kita perlu melakukan backup konfigurasi, dengan login 'admin' dan password 'admin'.

Backup Konfigurasi

Untuk melakukan Backup ONT ZTE F609,
  • Koneksikan USB Flash disk ke port USB pada ONT ZTE F609
  • Dari menu : pilih Adminintration - System Management - USB Backup.
  • Cek apakahUSB device sudah terdeteksi,
  • kemudian klik : Start Backup


Setelah kita jalankan backup, maka terbentuk file usbbak didalam flash disk.


File usbbak bisa kita simpan , jika sewaktu-waktu kita butuhkan, bisa kita gunakan untuk me-replace konfigurasi. Sebagai contoh, dalam masalah : lupa password admin dan kita perlu memodifikasi konfigurasi, misal : mengubah password wifi.

Restore Konfigurasi

Untuk melakukan restore konfigurasi :
  • pasang usb flash pada port USB di F609,
  • dari menu, pilih : Application - System Management - USB restore,
  • klik submit

Hasil restore dapat digunakan setelak kita 'reboot' ONT.

Untuk melakukan reboot ONT, dari menu : pilih Administration - System Management - System Management. Kemudian klik pada 'Reboot' ,,,,


Setelah reboot... hasil restore bisa digunakan....


Semoga tulisan kecil ini bermanfaat ....


10 comments:

  1. Kantor saya baru saja ganti dari adsl ke fiber,skrg pake zte f609. Ddns dan DMZ udh saya isi tp kok masih saya masih ga bisa melakukan remote desktop ke windows server 2008 dari luar. Sedangkan pada modem adsl tplink yang sebelumnya saya cukup input dmz dan ddns aja di modem dengan settingan modem ppoe. Apa ada yang salah dengan settingan modem zte saya?

    ReplyDelete
  2. Kantor saya skrg pake zte f609 setelah sblumnya menggunakan tplink. Kendala saat ini adalah saya tidak bisa meremote server kantor dari luar. Padahal ddns dan dmz udh saya isi, di modem adsl yg lama cukup isi ddns dan dmz makas saya sudah bisa melakukan remote dari luar kantor. Tp semenjak ganti ke zte saya ga bisa melakukan akses remote dari luar. Apa ada yang salah dengan zte yang saya punya? Di modem yang lama ga saya setting virtual servernya karna saya memang hanya meremote satu server aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gimana kalo' dmz nya diganti port forwarding ....

      Delete
  3. Saya lupa pasword admin ONT ZTE F609, sudah di coba semua pake puty,pake Telnet,Pake CMD port 23 nya tidak bisa di buka.Bisa bantu...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. reset ont, konfigurasi yang dilakukan di ont kembali ke default.

      Delete
  4. Mbak, mau tanya
    ONT ZTE f609 cepat rusak yah? Udah dari bulan kemarin, login admin selalu gak bisa diakses padahal username dan password default routernya sudah benar, dan direset pun terkadang gak bisa diatasi (login admin gak bisa masuk). Itu tandanya ont nya rusak dan harus diganti?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo yang password admin nya berubah-ubah dan nggak bisa telnet, itu memang dari telkom krn terjadi fraud terhadap voice.
      Jika telepon, useetv dan internetnya masih bisa... berarti ONT tidak rusak.
      untuk mengganti wifi , bisa dari login : user , password : user... kecuali membutuhkan berbagai macam fitur seperti port forwarding , ddns dll ...

      Delete
    2. Ada yang pake password ini ... Dj9@t!n03g4r6#f
      barangkali masih bisa

      Delete
  5. punya temen saya kok tidak ada menu dmz bahkan tidak ada menu security juga? padahal login admin device:ont zte f609

    ReplyDelete