Friday, September 7, 2018

Ini salah satu sebabnya ... tidak bisa dilayani IndiHome - TIdak ada Jaringan

Suatu ketika,ada teman saya, pak Andi menanyakan begini : "Ketika saya ingin layanan IndiHome ke Telkom, dan setelah dicek, katanya belum bisa dilayani saat ini, karena tidak ada jaringan". Padahal, jaringan fiber optik melintas dipinggir jalan depan rumah dan terdapat ODP dipinggir jalan di dekat rumah saya dan tetangga kiri dan kanan saya baru saja minggu lalu bisa dipasang IndiHome. Mengapa ?

Secara sederhana, saya berikan gambaran rumah pak Hasan seperti ini :

Logikanya memang terdapat jaringan serat optik, tinggal menarik drop cable dari ODP ke rumah karena letak ODP yang dekat. Ternyata tidak selalu bisa dilakukan karena keterbatasan kapasitas dalam sebuah OPD.

Pada FTTH secara umum, untuk melayani IndiHome, satu ODP digunakan untuk melayani 8 pelanggan. Ada juga yang digunakan untuk 16 pelanggan. Saya asumsikan , ODP yang didekat rumah pak Andi mempunyai kapasitas 8 dan ke delapan port ODP sudah digunakan sehingga permintaan pak Andi untuk pasang IndiHome belum bisa dilayani... makanya petugas mengatakan tidak ada jaringan.





Alternatif Solusi 1 :

Bisa dengan menambahkan split ratio 1:2 pada ODP.  Dengan syarat,  power yang direrima oleh ONT setelah ditambahkan splitter masih berada pada standard. Namun jika mengakibatkan power receive terlalu kecil, seharusnya hal ini tidak dilakukan. Karena penambahan split ratio 1:2 akan menambah redaman sampai dengan 3,7 dB. Ini merupakan solusi cepat untuk menambah kapasitas, namun harus berhati-hati agar tidak mengakibatkan gangguan.

Dalam implementasi di lapangan,  seharusnya mengganti splitter 1:8 dengan splitter 1:16.
Jika menambahkan splitter 1:2 , maka di ODP akan ada 3 buah splitter.

Power yang diterima oleh ONT serta redaman yang terjadi antara OLT dan ONT dapat diukur melalui OLT (backroom/ petugas konfigurasi logic) Telkom dengan mengambil contoh salah satu ONT yang terhubung ke ODP tersebut.

Contoh 1:

Hasil pengukuran Power Tx, Rx dan Redaman sebagai berikut :


Nilai redaman arah downstream 18,534 dB. Jika ditambahkan splitter 1:2 , nilai redamannya sekitar 22,234 dB  (18,534 + 3,7) . 
Dengan penambahan margin 3 dB menjadi 25,234 dB
Kondisi ini masih memungkinkan untuk menambahkan split ratio 1:2 pada ODP (mengganti splitter 1:8 dengan 1:16), sehingga bisa memberikan layanan kepada 8 pelanggan lagi.

Contoh 2:

Hasil pengukuran Power Tx, Rx dan Redaman sebagai berikut :


Nilai redaman arah downstream 23,534 dB. Jika ditambahkan splitter 1:2 , nilai redamannya sekitar 27,234 dB . 
Kondisi ini, lebih baik jika tidak  menambahkan splitter 1:2 pada ODP,  karena nilai redaman sudah diluar spesifikasi yang ditentukan.  
Jika dipaksakan, bisa mengakibatkan gangguan, dan efeknya akan mengenai semua pelanggan yang dicatu oleh ODP yang bersangkutan.

Alternatif Solusi 2 :

Menambahkan kapasitas ODP , dengan menambah  1 core fiber distribusi. Hal ini tergantung pada kapasitas Jaringan Distribusi yang masih idle/ belum digunakan. Untuk menambah  kapasitas ODP, dari 8 menjadi 16,   membutuhkan satu core serat optik pada kabel distribusi.  Dari satu core serat optik dapat displit menjadi 8.

Begitu juga jika ingin menambahkan sebuah ODP, perlu diperhatikan apakah masih ada core yang masih belum digunakan.

Alternatif Solusi 3 :

Jika core dalam kabel distribusi sudah digunakan semua, solusinya adalah menambah kabel distribusi. Dan kemungkinan yang ini tidak segera bisa terlayani


semoga bermanfaat

4 comments:

  1. Barukali ini aku baca penjelasan sedetail ini. biasanya cuma Oh maaf.. belum bisa mas. anu mas, kabelnya crossing.. odpnya penuh mas dll.. kalo gini ceritanya kan malah gajadi emosi ��

    ReplyDelete