Friday, January 8, 2016

Memanfaatkan Home Gateway Speedy untuk memperluas cakupan LAN pada Internet IndiHome

Dengan adanya perkembangan teknologi dan kebutuhan layanan berbasis data online, kita me-migrasikan layanan Speedy menjadi IndiHome. Migrasi tersebut bisa dari keinginan kita sendiri sebagai pelanggan, bisa juga karena pelanggan mengikuti program migrasi telkom karena jaringan akses tembaga diganti dengan fiber optik.

Ketika Setter atau teknisi datang kerumah, dia membawa Home Gateway atau ONT yang baru untuk mengoperasikan IndiHome. Dengan demikian kita mempunyai Home Gateway yang lama . Sebagai contoh disini, saya mempunyai TP Link TD-W8901G.

Home Gateway saya yang lama, bisa saya manfaatkan untuk memperluas cakupan internet di rumah. HG ini bisa kita fungsikan sebagai Access Point atau switch.

Arsitektur Network

Secara sederhana, arsitektur network untuk internet indihome dapat digambarkan sebagai berikut :



Kita fokus pada jaringan di rumah. Jika kita meletakkan ONT/HG/Modem IndiHome di lantai 2, kemungkinan signal wifi di lantai 1 kecil. Dengan menambahkan Switch/Access Point, lantai 1 bisa mendapatkan signal yang lebih baik.


Mengkonfigurasi HG sebagai AP

Selanjutnya, ONT/Home Gateway/Modem IndiHome, saya sebut HG dan Home Gateway Speedy yang kita fungsikan sebagai switch atau Access Point saya sebut sebagai AP.

Koneksikan Laptop dengan AP menggunakan kabel UTP (bisa juga melalui wifi).

Konfigurasi berikutnya dilakukan pada AP :
  • Login AP
  • Mengganti IP Address AP dan setting DHCP relay
  • Konfigurasi IP Address Manual dan Login (kembali) ke AP
  • Deactivated VLAN
  • Setting Wifi
  • Cek Koneksi
Login AP

Buka browser, dan inputkan IP Address AP. Pada contoh ini, 192.168.1.1., user : admin dan password : admin.

Mengganti IP Address AP dan Setting DHCP Relay

Tujuan dari mengganti IP Address AP adalah agar IP Address tidak sama dengan IP Address HG. Karena IP Address HG adalah 192.168.1.1 maka kita perlu mengganti IP Address AP. IP Address AP dalam arsitektur ini digunakan untuk me-manage AP. Pada contoh ini, saya mengganti dengan 192.168.2.1. Dan DHCP diperlukan untuk memberikan IP Address secara otomatis ke client.

Cara mengganti IP Address AP, dari menu, pilih : Interface setup - LAN.


Ubah IP Address 192.168.1.1 menjadi 192.168.2.1.

Jika DHCP enable, maka alokasi IP Address pada IP pool DHCP harus kita sesuaikan.

Kali ini, kita membutuhkan DHCP Relay agar client yang tersambung ke AP mendapat IP Address dari HG yang alamatnya 192.168.1.1.  Pilih Relay dan inputkan IP Address DHCP server untuk Relay Agent. Dalam contoh ini : 192.168.1.1 (IP Address HG yang berfungsi juga sebagai DHCP server untuk LAN). Kemudian klik 'save' untuk menyimpan konfigurasi.

Konfigurasi IP Address Manual dan Login (kembali) ke AP

Karena IP Address AP diganti 192.168.2.1 maka koneksi antara AP dan laptop terputus dan karena DHCP Relay maka laptop tidak mendapatkan IP address dari AP. Buat konfigurasi IP Address laptop secara manual, misalkan : IP Address laptop : 192.168.2.4.


kemudian login kembali ke AP dengan alamat yang baru



Deactivated VLAN

Jika AP yang kita gunakan, sebelumnya digunakan untuk layanan Speedy/Internet dan Groovia/UseeTV, VLAN disetting untuk mapping port. Lakukan Deactivated VLAN melalui menu : Advanced setup - VLAN.


Setting Wifi

Untuk mensetting wifi, melalui menu : Interface setup - wifi. Aktifkan wifi dan kita bisa mengganti nama SSID serta menambahkan password.



Test Koneksi

Lepas koneksi (kabel UTP) antara laptop dan AP. Hubungkan AP dengan HG menggunakan kabe UTP dan pastikan port LAN pada HG adalah port LAN yang digunakan untuk layanan internet. Setting IP Address interface wifi pada laptop diperoleh secara otomatis/DHCP. Dan coba koneksi wifi ke SSID AP yang baru disetting.


Interface wifi laptop mendapat IP Address dari DHCP HG dan jika tidak ada masalah dengan layanan internet kita.... siap browsing ....

20 comments:

  1. menghubungkan dari HG ke AP nya gimana? soalnya Ini perlu sekali nih, soalnya hg saya dilantai 1, kamar saya dilantai 2, kadang sinyal wifi nya hilang. tapi saya modem bekas nya zte H108N. bagaimana caranya? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Antara HG dan AP menggunakan kabel UTP.

      Delete
  2. No internet access... saya hubungkan LAN 1 dari HG ke LAN 1 AP. seperti itu kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setting Internet (PPPoE) tetap di HG. LAN1 dari HG dihubungkan dengan LAN (sembarang) di AP

      Delete
  3. Bila setingan DHCP di "enable" kan bukan di "relay" gimana jadinya ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fungsi TP Link sebagai switch/ bridge

      Delete
  4. Ya, disini fungsi TP Link dialihkan sebagai Router juga, apakah itu bisa ?
    Ini dilakukan untuk, semisal komunikasi di jaringan privat TP Link

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak bisa, karena salah satu interfacenya, yaitu yang digunakan kearah WAN , yang interface fisik nya1 pair kabel tembaga (connector RJ11), menggunakan protocol data link ATM (Asynchronous Transfer Mode).

      Delete
  5. Selamat pagi Mba Ambar,

    Terimakasih sebelumnya atas tutorialnya,
    Saya mempunyai HG (ZTE F660) dengan network 192.168.1.0 dan AP (TL-W720N) dengan network 192.168.2.0 keduanya dapat melakukan koneksi WAN dengan baik, namun ada sedikit masalah, network 192.168.1.0 tidak dapat berkomunikasi dengan 192.168.2.0 satu sama lain. Ketika mencoba melakukan ping menuju HG (192.168.1.1) dari device yang terkoneksi pada network 192.168.2.0 reply packet dapat diterima, namun ketika melakukan ping menuju AP (192.168.2.1) dari device di network 192.168.1.0 reply packet tidak dapat diterima. Kemudian ketika melakukan ping langsung dari HG melalui telnet menuju AP, reply packet tetap tidak dapat diterima. Saya asumsikan saya perlu membuat static route pada HG, melalui telnet saya masukkan perintah pada HG
    #ip route add 192.168.2.0/24 via 192.168.1.1 static route berhasil dibuat, namun HG tetap tidak dapat melakukan ping menuju AP. Mohon dibantu sekiranya, terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah dicoba diberi static route di masing2 router?

      router II
      mask 2.0 -> 1.1

      router I
      mask 1.9 -> 2.1

      Delete
    2. Apakah ip route yang dibuat, statusnya aktif/enable ?. Karena, yang saya tahu HG Indihome tidak mempunyai fitur routing ke Network lain didalam jaringan private (dari 192.168.1.0 ke 192.168.2.0).
      Topologi tsb, bisa kita buat, karena dari network 192.168.2.0 bisa juga akses internet. Namun setahu saya, ini tidak umum dilakukan. Umumnya, jika kita menggunakan router sendiri (dial PPPoE disini), HG diset sebagai brigde.

      Delete
  6. Selamat malam,

    Mohon maaf apa bisa AP digunakan sebagai repeater HG via WiFi?,

    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Access Point, saat ini banyak yang support sebagai repeater wifi seperti contoh di artikel di http://ambarerna.blogspot.co.id/2015/12/konfigurasi-repeater-pada-access-point.html , saya menggunakan TP Link TL WA701ND. Salah satu keuntungannya, kita tidak perlu menginstalasi kabel UTP antara HG dan AP

      Delete
  7. Maaf OOT mbak,
    Apa bisa WiFi internal ONT ini di gabung sama Mikrotik RB750 misalnya, agar bisa manajemen user lewat Mikrotik.
    Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Management User di Mikrotik, digunakan untuk user yang koneksinya ke mikrotik.
      Wifi internal ONT di manage oleh ONT

      Delete
  8. apakah modem zte F660 bisa dijadikan repeater? thanks mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. repeater wireline, sudah termasuk pada fungsi switch

      Delete
  9. saya punya modem tidak terpakai bekas indihome 3mbps adsl tipe zte zxhn h108n ingin saya gunakan sebagai repeater utk memperluas cakupan wifi saya sekarang yg menggunakan indihome fiber 10mbps modem tipe huawei hg8245a apakah bisa ya? menggunakan utp dicolok ke port 1 atau 2 di zte nya atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek dulu port ehernet/LAN pada hg8245a yang digunakan untuk internet. Misalkan di LAN 1, koneksikan adsl router ke LAN 1 hg8245a. Kemudian edit settingan di zxhn.

      Delete
  10. mau nanya mba , sy pny modem zxhn h108n posisi di lantai 1, sedangkan kamar sy di lantai 3 sehingga sinyal yg didpt selalu cm 1 bar. nah teman pny modem alcatel lucent I-240W yg sdh ga terpakai. rencananya mau sy jadikan repeater via wireless.. apa bisa mba ? gimana caranya .. thanks

    ReplyDelete