Tuesday, January 23, 2018

Pengantar TCP/IP


TCP/IP terdiri dari banyak protocol. Beberapa protocol merupakan protocol utama yang mendefinisikan operasi inti. Protocol kunci ini adalah Internet Protocol (IP) yang berada pada layer network OSI (layer tiga) yang menyediakan
addressing, routing datagram dan fungsi fungsi lain dalam internetwork. Dan Transmission Control Protocol (TCP) yang merupakan protocol utama pada layer transport (layer empat) yang bertanggung jawab dalam membangun hubungan, memanage dan mentransportasikan data secara reliable antara proses software dan perangkat.

TCP/IP menggunakan arsitektur sediri, yaitu empat layer yang bersesuaian dengan model referensi OSI layer (dua sampai tujuh), Physical layer tidak termasuk, karena layer data link dianggap sebagai interface antara layer TCP/IP dengan hardware yang mendasarinya . Jika terdapat referensi TCP/IP dengan lima layer, hardware disebut sebagai layer physical.

Perbandingan antara TCP/IP empat layer (original) dan lima layer dan model OSI


Physical Layer

Physical Layer setara dengan layer 1 pada OSI. TCP/IP tidak mendefinisikan secara spesifik tentang protocol-protocol yang ada di layer ini, layer ini mendukung semua standard dan protocol proprietary. Unit komunikasi dalam layer ini dikatakan bit. Pada level ini komunikasi terjadi antara dua hop atau node, atau antara computer dengan router.

Data Link Layer

Data Link Layer ini setara dengan layer 2 pada OSI. TCP/IP tidak mendefinisikan secara spesifik tentang protocol-protocol yang ada di layer ini, layer ini mendukung semua standard dan protocol proprietary. Unit komunikasi dalam layer ini dikatakan frame. Sebuah frame adalah packet yang mengencapsulasi data yang diterima dari layer network yang ditambahkan header dan kadang juga trailer.

Network Layer

Pada layer network (atau layer internetwork), TCP/IP mendukung Internet Protocol (IP). Internet Protocol (IP) adalah mekanisme transmisi yang digunakan oleh protocol TCP/IP. IP mentransportasikan data dalam packet yang disebut datagram, masing-masing dikirim secara terpisah. Datagram dapat melintasi rute yang berbeda dan bisa rusak atau duplikat.

Transport Layer

Transport layer hanya dibutuhan oleh dua computer disisi ujung (sumber/source dan tujuan/destination). Layer Network mengirim datagram secara individual sedangkan layer transport mengirim seluruh message (pesan) yang disebut segment atau user datagram atau packet dari sumber dan tujuan. Sebuah segment terdiri dari beberapa datagram. Sebuah segment dibagi menjadi beberapa datagram dan setiap datagram dikirim ke layer network untuk ditransmisikan. Jika internet melewatkan datagram melalui rute yang berbeda maka datagram ada kemungkinan rusak atau hilang. Layer transport pada computer tujuan menunggu sampai semua datagram datang, kemudian menggabungkan datagram menjadi segment. Prototol didalam transport layer pada TCP/IP adalah User Datagram Protocol (UDP) ,Transmission Control Protocol (TCP) dan Stream Control Transmission Protocol (SCTP)

Application Layer

Application layer (Layer aplikasi) dalam TCP/IP setara dengan gabungan layer session, presentation dan application pada model OSI. Layer aplikasi memungkinkan user untuk mengakses layanan-layanan lada internet global maupun private, Beberapa protocol yang disediakan pada later ini seperti electronic mail, protocol untuk mengakses world Wide Web dan lain lain. Komunikasi pada layer aplikasi , merupakan komunikasi end to end.

No comments:

Post a Comment